Sukses

6 Manfaat Garam untuk Kesehatan

Kerap menjadi biang keladi pemicu penyakit, ternyata garam juga bermanfaat bagi kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Meski garam bisa memicu berbagai penyakit rupanya bermanfaat bagi tubuh manusia. Berikut beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dari garam:

  1. Mencegah penyakit gondok

    Tanpa jumlah yodium yang cukup, kelenjar tiroid akan membengkak karena permintaan tubuh untuk terus memproduksi hormon tiroid. Pembengkakan kelenjar tiroid berakibat pada perubahan bentuk leher di mana leher akan ikut membengkak atau muncul benjolan.

    Selain itu, tubuh membutuhkan hormon tiroid untuk perkembangan otak dan struktur tulang belakang pada perkembangan awal anak. Jika ibu hamil atau menyusui kekurangan yodium maka dapat mengalami keterbelakangan mental pada anak.

  2. Menjaga keseimbangan elektrolit

    Garam sangat penting untuk mempertahankan tingkat hidrasi tubuh. Bagi orang yang bekerja di luar ruangan dan mereka yang berolahraga secara teratur, sangat penting untuk memulihkan kekurangan garam dan air yang terjadi melalui keringat. Jika keseimbangan elektrolit dalam tubuh terjaga dengan baik maka fungsi organ manusia dapat berjalan baik.

  3. Mencegah hiponatremia

    Hiponatremia adalah suatu kondisi di mana tubuh menderita kekurangan garam dalam cairan sel tubuh. Biasanya cairannya akan keluar berupa keringat, diare, atau biasa dikenal juga sebagai intoksikasi air.

    Untuk mempertahankan tekanan darah yang sehat beserta kelancaran fungsi saraf dan otot, tubuh sangat membutuhkan garam. Jika kebutuhan garam tidak tercukupi akan terjadi ketidakseimbangan kadar air di dalam tubuh dan pada akhirnya terjadi pembengkakan karena sel-selnya kelebihan air.

  4. Menjaga kesehatan mulut

    Infeksi bakteri pada mulut dapat menyebabkan masalah pada gigi dan gusi. Untuk mencegah berkembangnya bakteri, berkumurlah menggunakan air garam. Hal ini dipercaya dapat mengurangi pembengkakan dan meredakan sakit pada gusi.

  5. Menjaga kesehatan pencernaan

    Kalau Anda sedang diet dan tidak terdapat cukup garam pada tubuh, dampaknya akan sangat berbahaya. Tubuh tidak akan cukup menghasilkan HCl (asam klorida) dalam perut.

    Kondisi ini akan semakin parah jika sebelumnya Anda memiliki riwayat kesehatan pencernaan yang kurang baik, seperti asam lambung. Dengan garam yang cukup, tubuh akan mencegah naiknya asam lambung ke tenggorokan.

  6. Menjaga sistem saraf

    Sebagai penyedia natrium, garam tidak hanya baik untuk otak, tapi juga otot dan fungsi sistem saraf. Natrium adalah pengatur air dalam tubuh Anda. Hal inilah diperlukan untuk transmisi sinyal listrik dalam tubuh.

Jika sistem komunikasi ini tidak bekerja sebagaimana mestinya, otak, otot dan sistem saraf cenderung akan menderita. Selain itu, terlalu banyak dan terlalu sedikit natrium dapat menyebabkan kerusakan sel.

Itulah beberapa manfaat kesehatan yang dapat diperoleh dari garam. Konsumsi garam sewajarnya agar tidak memicu penyakit pada tubuh Anda.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar