Sukses

3 Jus Buah Ini Ampuh Hancurkan Batu Ginjal

Tidak hanya menyegarkan, jus buah berikut ini juga ampuh dalam menghancurkan batu ginjal yang masih berukuran kecil.

Klikdokter.com, Jakarta Batu ginjal adalah massa keras yang terbentuk dari pengendapan kristal yang ada di urine. Pada beberapa kasus, batu ginjal harus diangkat melalui cara operasi. Namun jika hanya berukuran 4 mm atau kurang, sekitar 90% kasus batu ginjal dapat keluar dengan sendirinya melalui urine.

Jika Anda didiagnosis menderita batu ginjal dan dokter belum menganjurkan untuk operasi, Anda bisa mencoba 3 jenis jus buah di bawah ini untuk membantu menghancurkan batu ginjal:

  1. Jus Lemon

    Lemon mengandung sitrat yang dapat menghambat pertumbuhan batu ginjal. Mengonsumsi jus lemon dapat membantu Anda mencegah batu ginjal membesar dalam waktu singkat.

    Menurut Dr. Roger Sur dari University of California San Diego Comprehensive Kidney Stone Center, selain sitrat, lemon juga memiliki kandungan lain yang ampuh menghancurkan batu ginjal.

    “Lemon mengandung potasium tinggi, yang berperan dalam fungsi ginjal dan berkontribusi terhadap alkalizing urine,” katanya, seperti dikutip dari livestrong.

    Untuk membuat jus lemon sebagai pencahar batu ginjal, Anda bisa mengambil 2 sampai 4 buah lemon. Iris lemon tersebut, kemudian peras dan saring untuk memisahkan bijinya. Campurkan perasan lemon dengan 1 liter air mineral. Minum campuran tersebut pada pagi dan malam hari secara rutin dan teratur.

  2. Jus Semangka

    Jus semangka baik untuk menghancurkan batu ginjal. Sebab buah semangka mengandung banyak potasium, yang memiliki sederet manfaat baik bagi ginjal manusia. Baiknya, jus buah semangka juga dapat membantu mengatur kadar asam dalam urine Anda.

  3. Cuka Apel

    Mengutip boldsky, cuka apel adalah satu pilihan yang bisa Anda konsumsi untuk menghancurkan batu ginjal. Untuk hasil terbaik, campurkan cuka apel dengan jus lemon. Selain menghancurkan batu ginjal, campuran ini juga ampuh untuk mencegah batu ginjal terjadi lagi setelah Anda sembuh.

    Cuka apel mengandung asam sitrat yang dapat membantu melarutkan batu ginjal. Cuka apel pun membantu alkalizing darah dan urine, serta meningkatkan asam lambung untuk mencegah pembentukan batu baru.

Sebenarnya risiko batu ginjal dapat diperkecil dengan memenuhi kebutuhan cairan harian, serta berolahraga secara rutin. Karena itu, pastikan Anda minum air putih sebanyak 2-3 liter per hari, dan berolahraga selama 30 menit sebanyak 3 kali dalam seminggu.

Namun ingat, tindakan di atas hanya memperkecil risikonya saja. Karena pada dasarnya, pembentukan batu ginjal berdasarkan banyak faktor, salah satunya pola makan. Jadi, Anda juga perlu menjaga pola makan agar tubuh Anda senantiasa sehat.
Baca artikel serupa di sini

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar