Sukses

Hal-Hal Ini Bisa Turunkan Metabolisme Tubuh Anda

Saat proses metabolisme menurun, fungsi tubuh pun ikut terpengaruh. Pahami apa saja penyebab metabolisme tubuh menurun.

Metabolisme menjadi salah satu aset tubuh untuk membakar kalori. Namun jika metabolisme menurun, masalah kesehatan seperti kesulitan menurunkan berat badan, lambat beraktivitas, selalu kelelahan, dan gangguan lainnya akan mengincar Anda.

Secara sederhana, metabolisme adalah cara tubuh dalam mengolah lemak, protein dan karbohidrat menjadi energi. Selain itu, metabolisme menjadi rahasia untuk memiliki tubuh yang sehat dan prima.

Namun pada kenyataannya, tidak selamanya metabolisme tubuh dapat berjalan dengan baik. Saat metabolisme menurun, fungsi tubuh pun ikut terpengaruh. Ada beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab metabolisme turun. Berikut di antaranya:

 

1 dari 5 halaman

1. Gen

Gen bisa memengaruhi metabolisme tubuh dan didapatkan dari kedua orang tua. Sayangnya gen tidak dapat diubah. Jadi, fokuslah pada modifikasi kebiasaan harian Anda.

Artikel lainnya: Turunkan Berat Badan dengan Reverse Diet, Bagaimana Caranya?

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan metabolisme Anda adalah dengan berolahraga lebih banyak. Sisihkan waktu untuk beraktivitas fisik lebih banyak. Olahraga dapat membuat tubuh lebih bugar dan mencegah berbagai penyakit, seperti penyakit jantung dan pembuluh darah.

2. Gangguan Hormon

Hormon berperan penting dalam metabolisme manusia. Beberapa gangguan hormon seperti gangguan tiroid dan diabetes dapat memengaruhi metabolisme Anda. Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan ke dokter untuk mengecek apakah adanya kemungkinan gangguan hormon.

Terdapat berbagai sarana diagnosis untuk memastikan penyakit terkait hormon. Saat ini, berbagai kondisi gangguan hormon juga dapat diterapi. Jadi, jangan ragu untuk berkonsultasi tentang hal ini dengan dokter Anda.

2 dari 5 halaman

3. Dehidrasi

Cairan adalah komponen penting dalam tubuh manusia, yang berperan untuk metabolisme tubuh. Kekurangan cairan karena penyakit seperti diare atau lainnya dapat menyebabkan metabolisme menurun.

Artikel lainnya: Hobi Konsumsi Makanan Cepat Saji Perlambat Metabolisme Tubuh?

Selalu perhatikan asupan cairan yang Anda minum. Anda juga dapat makan buah-buahan yang kaya serat dan mengandung banyak cairan, misalnya semangka dan jeruk.

4. Kekurangan Kalsium

Kalsium adalah salah satu nutrisi penting yang berperan dalam metabolisme tulang dan kontraksi otot. Kalsium juga memengaruhi metabolisme tubuh manusia. Karena itu, pastikan bahwa kebutuhan kalsium Anda tercukupi.

Anda dapat memperoleh asupan kalsium dari susu rendah lemak dan turunan produk susu yang lain. Selain itu, ikan dan kacang kedelai juga merupakan sumber kalsium yang baik.

3 dari 5 halaman

5. Kurang Tidur

Waktu tidur yang terlalu sedikit dapat menyebabkan proses metabolisme menurun. Untuk meningkatkan metabolisme, orang dewasa harus cukup tidur setidaknya delapan jam sehari.

Selain memastikan durasi tidur Anda, perhatikan juga kualitas tidur Anda. Beberapa tanda bahwa kualitas tidur Anda tidak optimal adalah Anda masih merasa letih saat bangun di pagi hari, mengorok saat tidur, dan mudah mengantuk saat siang hari.

Artikel lainnya: Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh untuk Turunkan Berat Badan

Jika Anda memiliki keluhan ini, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter guna memastikan apakah terdapat gangguan pada kualitas tidur Anda.

6. Jarang Terpapar Sinar Matahari Pagi

Sinar matahari pagi dapat membantu tubuh dalam mencukupi kebutuhan vitamin D. Vitamin ini sangat berperan dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Kurangnya paparan sinar matahari pagi, dapat menjadi penyebab metabolisme turun dan mengganggu kesehatan Anda.

Karena itu, Anda disarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari pagi, setidaknya selama 30 menit. Waktu yang tepat adalah pada pukul enam sampai sembilan pagi.

4 dari 5 halaman

7. Diet Ketat

Diet ketat atau terlalu rendah kalori dapat menjadi penyebab metabolisme turun. Dengan metode diet ketat, Anda mungkin dapat memangkas beberapa kilogram dari berat badan, namun metabolisme juga bisa terpengaruh. Jadi, jangan sampai Anda mengorbankan kesehatan.

Artikel lainnya: Masuki Usia 40, Begini Anjuran Cara Hidup Sehatnya

Konsultasikanlah dengan dokter untuk mendapatkan saran diet terbaik yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

8. Usia

Satu lagi faktor yang dapat menyebabkan metabolisme menurun, yaitu usia. Seiring bertambahnya usia, kemampuan untuk menghasilkan energi berkurang dan proses metabolisme tubuh melambat. Namun, pertambahan usia mutlak terjadi, alami dan tidak dapat dihindari.

Untuk menyiasatinya, The Centers for Disease Control and Prevention menyarankan orang yang berusia 65 tahun atau lebih tua untuk berolahraga aerobik intensitas sedang setiap minggu. Penguatan otot juga perlu setidaknya dua kali seminggu.

Sekarang Anda sudah tahu apa saja yang dapat memengaruhi metabolisme tubuh. Dengan mengenali hal-hal yang bisa menurunkan metabolisme tubuh, Anda dapat melakukan berbagai cara untuk mencegahnya.

Anda punya pertanyaan lain terkait metabolisme tubuh? Gunakan layanan Live Chat dengan mengunduh aplikasi KlikDokter untuk berkonsultasi dengan dokter-dokter kami. Gratis!

[NWS/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar