Sukses

Sudah Benarkah Cara Anda Menggunakan Mouse?

Jangan anggap sepele penggunaan mouse. Perhatikan beberapa hal ini saat Anda menggunakan mouse.

Banyak di antara pengguna laptop atau komputer memanfaatkan perangkat mouse (tetikus) dalam pemakaian hariannya. Penggunaan mouse ini sering disepelekan karena dianggap tidak akan memicu gangguan kesehatan yang berarti.

Akan tetapi, berdasarkan penelitian, penggunaan mouse jangka panjang dengan cara yang tidak tepat dapat memicu peradangan pada siku dan lengan. Kondisi ini disebut dengan epikondilitis lateral atau mouse elbow.

Apa Itu Epikondilitis Lateral?

Epikondilitis lateral adalah rasa sakit pada siku karena rusaknya otot dan tendon di area siku. Kondisi ini sering dipicu oleh stres berulang pada lengan bagian bawah, yaitu antara siku dan pergelangan tangan.

Salah satu kegiatan yang dapat memicu peradangan pada siku adalah gerakan mengeklik dan menggerakkan mouse berulang. Selain itu, kondisi ini juga dapat terjadi pada penggunaan keyboard komputer dalam waktu lama dengan metode yang salah.

Artikel Lainnya: 10 Alasan Mengapa Lengan Anda Sakit

Kegiatan lain yang dapat menimbulkan peradangan serupa adalah bermain tenis. Oleh karena itu, kondisi ini juga sering disebut sebagai tennis elbow.

Pada fase awal peradangan, mungkin Anda tidak akan merasakan gejala yang cukup berarti untuk dikeluhkan. Namun jika berlangsung dalam jangka panjang, kondisi ini dapat menyebabkan nyeri pada otot lengan dan memengaruhi kekuatan genggaman.

1 dari 3 halaman

Bagaimana Cara untuk Mencegahnya?

Untuk mencegah peradangan pada siku atau lengan, Anda perlu mencermati cara menggunakan mouse yang benar. Saat menggunakan mouse, perhatikan beberapa hal ini agar terhindar dari gangguan kesehatan:

1. Atur Meja Kerja

Cara menggunakan mouse yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah dengan mengatur meja kerja Anda. Jaga jarak Anda duduk dengan meja kerja agar tidak terlalu jauh untuk menjangkau mouse dan perangkat komputer lainnya.

Artikel Lainnya: Tetap Bugar Meski Kerja di Belakang Laptop Seharian

2. Atur Posisi Mouse

Anda perlu mengatur posisi mouse sebelum digunakan. Letakkan mouse di dekat Anda untuk meminimalkan jangkauan dan mengurangi beban otot lengan.

3. Pastikan Lengan Tersangga dengan Baik

Cara menggunakan mouse lainnya adalah gunakan mouse dengan lengan yang tersangga. Pastikan lengan tersangga dengan baik di atas meja dan tidak menggantung. Agar lebih nyaman, Anda dapat meletakkan alas atau bantal tipis di bawah lengan.

4. Gunakan Tak Hanya Pergelangan Tangan, Tetapi Juga Lengan

Saat menggerakkan mouse, gunakan lengan Anda, tak hanya pergelangan tangan. Selain itu, pilihlah mouse yang berukuran pas dengan tangan Anda dan setipis mungkin untuk mengurangi tekanan pada pergelangan tangan. Hindari menggenggam mouse terlalu kuat atau memberikan tekanan berlebih.

Artikel Lainnya: Mau Lebih Sehat? Hindari Kebiasaan Makan di Meja Kerja!

5. Berdiri dan Lakukan Peregangan

Selama penggunaan laptop dan mouse, luangkan waktu untuk melakukan peregangan. Anda dapat bergerak setiap 30–60 menit jika Anda harus bekerja dengan postur yang statis. Tak hanya baik untuk penglihatan dan kesehatan jantung, tetapi juga memberikan jeda sejenak pada otot dan pikiran Anda.

2 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Peradangan pada Lengan

Ketika sudah mulai merasakan tanda dan gejala peradangan pada lengan, sebaiknya hentikan sementara kegiatan di depan komputer. Beri waktu untuk otot Anda beristirahat. Anda juga bisa melakukan peregangan otot atau stretching untuk membantu otot berelaksasi.

Jika nyeri dirasakan cukup mengganggu, cara mengatasi peradangan pada lengan dapat dilakukan dengan mengonsumsi obat antinyeri. Konsumsi vitamin B kompleks juga dapat membantu untuk menjaga kesehatan saraf.

Bagi Anda yang tidak bisa lepas dari komputer dalam kesehariannya, sangat penting untuk menerapkan tips di atas sebagai upaya pencegahan. Jika sudah mengalami nyeri, lakukanlah peregangan otot untuk meredakannya.

Namun, jika nyeri tetap bertahan atau semakin berat, sangat disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan ke dokter. Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter kami mengenai keluhan yang Anda alami melalui layanan Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[WA/ RS]

0 Komentar

Belum ada komentar