Sukses

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Merusak Mata

Hati-hati, organ mata dapat rusak akibat kebiasaan sepele yang sering Anda lakukan.

Klikdokter.com, Jakarta Menjaga kesehatan mata adalah hal yang mutlak untuk dilakukan. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak kebiasaan sehari-hari yang sering dilakukan ternyata bisa menyebabkan mata rusak? Apa saja?

  1. Tidur tanpa membersihkan makeup

    Biasanya ketika sudah terlalu lelah, Anda akan langsung merebahkan tubuh ke tempat tidur tanpa membersihkan makeup (riasan) di wajah. Padahal, tidur dengan riasan yang masih melekat di wajah dan mata dapat menyumbat kelenjar-kelenjar di sekitar mata.

    Kebiasaan itu pun bisa meningkatkan risiko iritasi kulit dan jerawat. Untuk menghindarinya, pastikan Anda membersihkan sisa riasan wajah sebelum tidur.

    Selain itu, tidak melepaskan lensa kontak saat tidur juga dapat merusak mata. Akibatnya kelembapan mata dapat hilang dan memicu terjadinya ulkus kornea.

  2. Kurang tidur

    Tak hanya menurunkan fungsi kekebalan tubuh, kurang tidur juga dapat menyakiti mata Anda. Jika kurang tidur, biasanya mata Anda akan bereaksi sebagai tanda bahwa kedua alat penglihatan itu membutuhkan istirahat lebih.

    Beberapa tanda yang mungkin ditunjukkan mata adalah mata kering, kedutan, terasa perih, penglihatan kabur, hingga rasa sakit. Bila Anda terlalu sering menahan dan membiarkan rasa itu, peluang terjadinya kerusakan pada mata akan semakin terbuka.

  3. Menatap ponsel dan televisi terlalu lama

    Terlalu lama menatap layar ponsel Anda juga dapat menyebabkan mata rusak. Pasalnya radiasi yang dipancarkan dapat mengganggu keseimbangan mata.

    Jika Anda memang harus bekerja dengan menatap layar ponsel sepanjang hari, cobalah untuk mengistirahatkan mata setiap 20 menit. Anda bisa melihat benda-benda yang berwarna hijau atau biru yang ada di sekitar Anda, untuk mengurangi rasa perih.

    Menonton televisi dengan lampu dimatikan pun tidak baik bagi mata. Dalam kondisi gelap dan hanya ada satu sumber cahaya, yaitu televisi, membuat mata Anda bekerja lebih keras dan membuatnya cepat lelah.

  4. Terlalu banyak obat tetes mata

    Obat tetes mata memang terkadang cukup membantu untuk meredakan mata yang merah dan terasa lelah. Namun, tentu saja hal ini memiliki efek samping jangka panjang.

Terlalu sering menggunakan obat tetes mata justru berpotensi menumpuk penyakit di mata. Apalagi jika Anda tidak rutin melakukan pemeriksaan kesehatan mata.

Ternyata, ada banyak kebiasaan yang dianggap sepele tetapi dapat berdampak buruk bagi kesehatan mata. Untuk menghindarinya, perhatikan hal-hal tersebut dan rutin melakukan pemeriksaan ke dokter mata.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar