Sukses

4 Kesalahan yang Tak Disadari Pelari

Tahukah Anda bahwa olahraga lari yang dilakukan secara salah justru dapat mengacam kesehatan? Ini penjelasannya.

Klikdokter.com, Jakarta Meski olahraga lari terlihat mudah dilakukan, namun memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan tubuh jika dilakukan secara sembarangan. Seorang konsultan olahraga asal Inggris, Tom Craggs memaparkan 4 contoh kesalahan yang sering dilakukan penggemar olahraga lari.

Agar Anda yang menggemari olahraga ini terhindar dari kesalahan tersebut, simak keempatnya:

  1. Jangan lari terlalu cepat

    Banyak orang berlari dengan kecepatan yang tidak teratur. Tanpa disadari, hal ini justru akan menyita energi yang sangat besar dan pada akhirnya tubuh mengandalkan senyawa glikogen yang tersedia di otot.

    Karena itu, pastikan Anda berlari dengan ritme yang teratur. Berlarilah dengan kecepatan dimana Anda mampu berbicara dengan nyaman.

  2. Terlalu banyak pekerjaan

    Terlalu bekerja keras dalam melakukan pekerjaan, terkadang membuat seseorang melupakan aktivitas olahraga, yang akibatnya justru meningkatkan kadar hormon kortisol dalam tubuh.

    Siasatnya, Anda harus menyusun rencana olahraga dengan benar. Jangan lupa untuk secara konsisten mengatur jam istirahat Anda dan yang terpenting pastikan juga asupan nutrisi yang diterima oleh tubuh.

  3. Otot kelebihan beban

    Cedera utama yang dialami oleh para pelari adalah terjadinya peradangan dan rasa nyeri di lutut. Cedera yang dialami terkadang tidak terlihat secara langsung tapi terlihat 5-10 tahun kemudian.

    Terlalu banyak memberi beban pada otot justru tidak membuat Anda bugar. Otot sendiri memiliki kandungan yang 20 persennya terdiri dari protein. Dengan asupan protein yang baik dan cukup, serat otot yang baru dapat diproduksi tubuh untuk menjaga kesehatan massa otot.

  4. Tidak berorientasi jangka panjang

    Olahraga lari harus dilakukan secara berkelanjutan. Jadi sebaiknya Anda menetapkan tujuan jangka panjang. Jangan hanya karena ikut-ikutan tren.

    Hal ini bertujuan untuk menciptakan kebiasaan bagi tubuh . Olahraga ini tidak hanya penting untuk mengobati dan mencegah osteoporosis, tetapi juga dapat meningkatkan kekuatan, koordinasi, dan keseimbangan pada otot.

Meski terlihat mudah terkadang pelari kerap mengalami cedera saat berolahraga. Agar Anda terhindar dari risiko cedera, lakukan pemanasan dan peregangan sebelum melakukan olahraga jenis apapun, termasuk lari. Selain itu, hindari keempat kesalahan di atas, agar olahraga lari yang Anda lakukan bisa bermanfaat bagi kesehatan Anda.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar