Sukses

Manfaat Mendengarkan Musik bagi Kesehatan

Tidak hanya meningkatkan mood, musik ternyata juga mendatangkan sederet manfaat kesehatan lainnya.

Klikdokter.com, Jakarta Musik merupakan sebuah bahasa universal, yang sering menemani waktu luang seseorang. Selain itu, tahukah Anda bahwa alunan nada dan suara dari musik yang Anda dengarkan juga turut mendatangkan sederet manfaat kesehatan?

Berikut adalah sederet manfaat musik bagi kesehatan :

  1. Meningkatkan daya ingat

    Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Alzheimer Disease mengungkapkan bahwa bernyanyi ternyata bermanfaat bagi kesehatan jiwa. Selain itu juga mampu menjaga ketenangan penderita gangguan ingatan atau alzheimer.

    Para periset yang melakukan studi tersebut berasal dari universitas Helsinki, Finlandia. Mereka merekrut 89 orang dengan berbagai tingkat gangguan ingatan untuk menerima pembinaan musik selama 10 minggu. Para partisipan tidak hanya diminta untuk bernyanyi, tapi juga mendengarkan lagu-lagu favorit mereka.

    Periset secara sistematis mengevaluasi dari segi usia, tingkat keparahan kondisi dan pengalaman mendengarkan musik yang mereka miliki sebelumnya.

    Hasil riset menunjukan bahwa bernyanyi berpengaruh terhadap daya ingat penderita gangguan ingatan. Efek ini sangat menonjol pada orang dengan gangguan ingatan ringan, dan mereka yang berusia di bawah 80 tahun. Bahkan menyanyi dan mendengarkan musik ternyata juga turut mengurangi depresi pada penderita alzheimer ringan.

  2. Meningkatkan kesehatan mental

    Sebuah tinjauan sistematis kecil yang diterbitkan pada tahun 2016 juga menemukan bahwa terapi musik dinilai efektif dalam meningkatkan kesehatan mental orang-orang yang dipenjara. Studi ini juga mengungkapkan, musik dapat membantu meningkatkan harga diri dan fungsi sosial para pelaku kejahatan.

  3. Mengurangi intensitas nyeri

    Sementara, sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2013 mengemukakan bahwa anak-anak yang dirawat di unit gawat darurat sambil mendengarkan musik menunjukkan rasa nyeri yang lebih rendah ketimbang mereka yang tidak mendengarkan musik.

  4. Membantu proses penyembuhan kanker

    Sebuah tinjauan tahun 2011 yang diterbitkan di Cochrane Library mengatakan bahwa tindakan pengobatan yang dipadukan dengan terapi musik dapat membantu penyembuhan pasien kanker.

Kajian ini mencakup 30 penelitian, dengan lebih dari 1.800 peserta. Beberapa penelitian mencakup sesi dengan terapis musik terlatih, sementara lainnya melibatkan staf medis yang memainkan musik rekaman.

Kajian tersebut menemukan bahwa terapi musik paling banyak membantu dengan mengurangi tingkat kecemasan. Hal ini juga menyebabkan beberapa efek positif pada rasa sakit, mood, kualitas hidup, denyut jantung, laju pernapasan dan tekanan darah.

Dari banyak bukti yang ditemukan, mendengarkan musik ternyata turut membantu tingkat kesembuhan beberapa penyakit. Jadi, sudahkah Anda mendengarkan musik hari ini?

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar