Sukses

Cara Memperbaiki Postur Tubuh yang Aman dan Efektif

Terasa ada yang salah dengan postur tubuh Anda? Jangan khawatir, ini cara yang bisa dilakukan agar kembali dapat memiliki postur tubuh yang baik.

Merasa ada yang salah dengan postur tubuh saat duduk, berdiri, atau berjalan? Jangan dibiarkan. Bila Anda menyadari postur tubuh Anda bungkuk, penting untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasi kondisi badan bungkuk tersebut.

Ada berbagai cara untuk memperbaiki postur tubuh, sehingga bisa membantu Anda terhindar dari sakit pinggang, perubahan bentuk tubuh permanen, dan bahaya kesehatan lainnya. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1 dari 3 halaman

Penyebab Tubuh Bungkuk

Sebelum membahas cara untuk menghilangkan bungkuk, ketahui dulu beberapa hal yang bisa menyebabkan postur tubuh bungkuk berikut ini: 

  • Terlalu Sering Bersandar

Meski membuat Anda nyaman, terlalu sering bersandar membuat otot tubuh bagian belakang tegang dan nyeri. Hal ini khususnya terjadi jika Anda bersandar dengan posisi yang terlalu landai, dan dilakukan dalam jangka waktu lama atau berulang-ulang.

  • Berdiri Bungkuk

Selain mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri, postur tubuh yang bungkuk saat berdiri juga dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti sakit punggung, sakit pinggang, dan sulit untuk berdiri dalam waktu lama.

  • Duduk Bungkuk

Sering bermain gawai sambil duduk membungkuk? Awas, postur tubuh yang demikian dapat membuat tubuh bagian atas membungkuk dan leher tertekuk. Duduk bungkuk dalam jangka waktu lama juga dapat menyebabkan bahu terasa kaku dan nyeri, lho!

Artikel Lainnya: Postur Tubuh yang Baik untuk Menjaga Kesehatan Tulang Belakang

  • Bertumpu pada Satu Kaki

Bertumpu pada satu kaki memang terasa nyaman, apalagi jika Anda sudah terlalu lama berdiri. Sayangnya, hal tersebut juga dapat memberatkan salah satu otot pinggang, pinggul, dan bokong. Lama-kelamaan, tentu saja otot-otot tersebut akan mengalami gangguan.

  • Leher Miring

Sering memiringkan leher lantaran menerima telepon sambil melakukan pekerjaan? Awas, tindakan tersebut bisa membuat leher dan bahu menjadi tegang serta terasa nyeri.

  • Sering Menggunakan Sepatu Hak Tinggi

Sepatu hak tinggi dapat membuat wanita merasa lebih percaya diri. Namun, Anda sebaiknya tidak terlalu sering menggunakannya karena bisa menjadi penyebab tubuh bungkuk. 

2 dari 3 halaman

Cara Memperbaiki Postur Tubuh yang Buruk

Ingin tahu cara memperbaiki postur tubuh agar kembali optimal? Ini dia beberapa tips yang bisa Anda terapkan:

  1. Duduklah Tegak dengan Kaki Menyentuh Lantai 

Duduk tegak terlalu lama memang awalnya sulit dan pegal, tetapi efek jangka panjangnya sangat baik untuk postur tubuh Anda. Cara ini bisa efektif untuk mengatasi badan yang bungkuk.

Jika kaki Anda tidak dapat menyentuh lantai, gunakan kursi kecil atau balok untuk menyangganya.

Saat duduk tegak dengan kaki menyentuh lantai, usahakan pula agar kedua bahu Anda selalu dalam keadaan relaks, ya!

Artikel Lainnya: Olahraga Jalan Kaki, Perhatikan Postur Tubuh yang Benar

  1. Carilah Kursi yang Sesuai

Untuk mengatasi bungkuk, caranya bisa dengan menggunakan kursi yang sesuai.  Dengan kursi yang sesuai, Anda tetap nyaman dan postur tubuh tetap terjaga dengan optimal.

  1. Bagi Berat Badan Secara Merata Saat Berdiri

Cara berikutnya untuk memperbaiki postur tubuh yang bungkuk adalah perhatikan cara Anda berdiri. Saat berdiri, bukalah tungkai Anda kira-kira selebar bahu. Tegakkan bahu, dan tarik perut ke dalam.

Berdiri lama memang cukup pegal. Namun, jangan bertumpu pada satu kaki, ya!

  1. Batasi Penggunaan Gawai

Cara ini bisa Anda lakukan agar postur tubuh tidak bungkuk. Sebab, dengan membatasi waktu bermain gawai, Anda dapat meminimalkan postur tubuh yang kurang baik. Anda pun akan terhindar dari postur tubuh yang bungkuk.

  1. Tidak Menggunakan Sepatu Heels Terlalu Lama

Batas waktu penggunaan sepatu heels 4 sentimeter adalah tidak lebih dari 4 jam dalam sehari. Semakin tinggi hak sepatu yang Anda gunakan, semakin sebentar pula sebaiknya batas waktu penggunaannya. 

  1. Carilah Alas Tidur dan Bantal yang Sesuai

Postur tubuh saat tidur juga penting diperhatikan sebagai cara memperbaiki postur tubuh. Karenanya, gunakan matras tidur yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan bantal yang digunakan, tidak boleh terlalu tinggi dan tidak boleh terlalu rendah. 

Artikel Lainnya: Miliki Postur Tubuh Ideal dengan Olahraga Barre

  1. Rutin Olahraga

Manfaat olahraga untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Karena itu, olahraga juga bisa menjadi cara memperbaiki postur tubuh Anda.

Beberapa olahraga yang bisa Anda coba untuk perbaikan postur tubuh, misalnya sit uppush upplank, berenang, dan Pilates. 

  1. Perhatikan Postur Tubuh Saat Mengangkat Beban Berat

Apabila akan mengangkat beban berat yang letaknya di bawah, usahakan untuk jongkok dibandingkan membungkuk saat mengambil barang.

Selain itu, perhatikan pula beban yang dipikul, lebih baik rata antara pundak kiri dan kanan daripada hanya satu sisi. Sebagai contoh, lebih disarankan menggunakan tas ransel daripada tas bahu atau tas jinjing.

  1. Pertimbangkan Penggunaan Korset

Korset dapat membantu mengoreksi postur tubuh atau menjaganya agar tetap sesuai. Namun, korset yang digunakan juga tidak boleh sembarangan.

Biasanya ada korset khusus untuk kesehatan. Anda bisa memilih jenis korset tersebut untuk mengatasi badan bungkuk.

  1. Biasakan Berjalan yang Benar

Cara berikutnya untuk memperbaiki postur tubuh adalah memperhatikan cara berjalan. Saat berjalan, pusatkan beban tubuh Anda pada kaki bagian depan, jangan bagian tumit.

  1. Melakukan Fisioterapi

Jika cara-cara di atas masih belum dapat mengatasi badan bungkuk Anda, mungkin Anda bisa mencoba fisioterapi secara rutin. Hal ini akan membantu mengurangi nyeri serta memperbaiki postur tubuh Anda. 

Itu dia berbagai cara memperbaiki postur tubuh bungkuk. Lakukan dengan konsisten dan saksama, agar postur tubuh yang baik bisa kembali Anda miliki.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai perubahan postur tubuh Anda agar dapat ditangani dengan baik. Gunakan fitur Live Chat 24 jam dari Klikdokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar