Kanker

Keajaiban Gen untuk Sembuhkan Kanker

Kartika Tarigan, 16 Agt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sejumlah peneliti tengah mengembangkan terapi untuk pengobatan kanker dengan memanfaatkan gen dari tubuh si penderita.

Keajaiban Gen untuk Sembuhkan Kanker

Seorang bocah bernama Kaitlyn Johnson berhasil sembuh dari leukemia yang telah dideritanya sejak kecil. Kaitlyn berhasil membebaskan diri dari konsumsi obat, kemoterapi, hingga kunjungan rutin ke rumah sakit. Apa rahasia di balik keajaiban itu?

Terapi Gen

Dilansir dari TIME, Kaitlyn sembuh dari leukemia setelah menjalani terapi gen. Setelah menerima terapi pada tahun 2015, sel kanker di tubuh Kaitlyn diketahui menghilang.

Sejumlah tes yang dilakukan setelah terapi tersebut pun menunjukkan hal yang sama. Yang menyelamatkan Kaitlyn dari serangan leukemia itu adalah infus dari sel kekebalannya sendiri yang dimodifikasi secara genetik untuk menghancurkan sel leukemia.

Leukemia limfoblastik akut adalah kanker paling umum yang banyak ditemukan pada anak kecil.

Saat itu, keluarga Kaitlyn ditawari untuk menjadi subjek uji coba dalam percobaan terapi eksperimental menggunakan terapi gen untuk melatih sistem kekebalan pasien. Kemudian, membuatnya lebih mengenali dan menghancurkan kanker dengan cara yang sama seperti mengusir bakteri dan virus.

Metode ini disebut sebagai chimeric antigen receptor T-cell (CAR-T). CAR-T dikembangkan dari sel daya tahan tubuh yang dimodifikasi menggunakan virus dan dikembalikan ke tubuh pasien.

Jenis-Jenis Terapi Gen

Berikut tiga jenis terapi gen yang tengah dikembangkan para ilmuwan dan dipercaya dapat menyembuhkan kanker:

  1. Imunoterapi

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat telah merekomendasikan salah satu pengobatan imunoterapi yang bernama tisagenlecleucel. Jenis terapi ini digunakan sebagai penanganan untuk jenis leukemia yang sering ditemukan pada anak.Dikutip dari website NCBI, imunoterapi menggunakan sel yang dimodifikasi secara genetik dan partikel virus untuk merangsang sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkan sel kanker. Uji coba klinis terbaru menunjukkan hasil yang menggembirakan terhadap terapi ini.

  1. Oncolytic virotherapy

Terapi yang satu ini dikembangkan dengan menggunakan partikel virus yang bereplikasi di dalam sel kanker. Tujuan dari pengobatan ini adalah untuk membunuh sel kanker yang ada di dalam tubuh. Pada percobaan awal, jenis terapi ini telah menunjukkan potensi yang besar untuk dapat mencapai tujuan pengembangannya.

  1. Transfer gen

Dalam pengembangannya, transfer gen menjanjikan pengobatan yang ampuh untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker. Bahkan, memungkinkan untuk mematikan sel kanker sebelum berkembang.

Metode yang digunakan dalam terapi ini adalah dengan memperkenalkan gen baru ke dalam sel kanker dan jaringannya. Para peneliti berharap dengan demikian, sel kanker tersebut akan mati dan penderita dapat sembuh.

Meski terdengar sangat menggiurkan dan menjanjikan kesembuhan yang hakiki, tetapi terapi-terapi di atas masih perlu diteliti lebih lanjut. Penelitian diharapkan terus dilakukan untuk menemukan efek samping yang mungkin terjadi, jika terapi itu diterima oleh penderita leukemia yang umumnya adalah anak-anak. Jika anda ingin tahu lebih lanjut tentang masalah kesehatan lainnya, Konsultasikan kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau dengan mengunduh aplikasi KlikDokter.

[RS/ RVS]

genPenyembuhan KankerKanker

Konsultasi Dokter Terkait