Sukses

Mengapa Fluoride Penting bagi Gigi Sensitif?

Ketahuilah manfaat fluoride bagi gigi, terutama gigi sensitif.

Klikdokter.com, Jakarta Pernah memperhatikan bahan-bahan pada kemasan pasta gigi, terutama pasta gigi khusus gigi sensitif? Jika Anda cermat, sodium monofluorophosphate sering sekali tertulis pada bagian kandungan. Nama lainnya adalah fluoride.

Sebenarnya, apa itu fluoride? Lalu, apa manfaatnya bagi kesehatan gigi?

Fluoride sangat berguna untuk menjaga kesehatan rongga mulut secara keseluruhan. Mineral pencegah karies ini dapat memperbaiki kerusakan mikro pada tahap awal, sehingga gigi tidak jadi berlubang.

Fluoride tersedia dalam bentuk topikal dan sistemik. Fluoride topikal dioleskan langsung pada bagian email gigi, biasanya terdapat dalam bentuk pasta gigi dan larutan kumur.

Selain itu, ada juga perawatan fluoride yang dilakukan oleh dokter gigi. Biasanya dioleskan menggunakan kapas atau kuas kecil, atau bisa juga diletakkan dalam tray kemudian dimasukkan ke dalam mulut selama beberapa menit.

Setelah itu, pasien tidak diizinkan untuk berkumur, makan, dan minum setidaknya 30 menit. Hal ini dilakukan agar fluoride dapat terserap secara sempurna.

Sedangkan, fluoride sistemik terdapat dalam air minum dan suplemen berbentuk tablet. Nah, untuk mencegah terjadinya masalah gigi, pemberian fluoride secara topikal maupun sistemik sama-sama penting untuk dilakukan.

Lalu, bagaimana dengan kasus gigi sensitif? British Dental Journal mengatakan, penggunaan larutan kumur mengandung fluoride (sodium fluoride) dikombinasikan dengan pasta gigi khusus gigi sensitif dapat mengurangi intensitas ngilu gigi. Terutama bila digunakan satu kali dalam sehari selama sebulan.

Sodium fluoride ini membantu penumpukan mineral pada pori-pori gigi yang terbuka. Alhasil, saraf gigi tidak terasa ngilu lagi.

Idealnya, bahan untuk perawatan gigi sensitif memiliki sifat yang tidak mengiritasi dan tidak membahayakan saraf gigi. Bahan tersebut juga tidak boleh memberikan rasa sakit saat penerapan, mudah diaplikasi, bereaksi cepat dan efektif, serta tidak membuat gigi berubah warna.

Semuanya ada pada fluoride! Karena itu, fluoride termasuk aman dan efektif bagi perawatan gigi sensitif.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar