Kesehatan Umum

Sering Sakit Kepala? Waspada Tumor Otak

dr. Alvin Nursalim, SpPD, 16 Agt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sakit kepala dapat menjadi gejala dari berbagai penyakit, mulai dari migrain hingga tumor otak. Ini cara membedakannya.

Sering Sakit Kepala? Waspada Tumor Otak

Jangan anggap sepele sakit kepala. Meski sering ditemui, kondisi ini juga bisa menjadi gejala dari tumor otak yang memerlukan penanganan segera.

Sakit kepala akibat tumor otak dapat terjadi karena penekanan pada berbagai struktur di tengkorak, seperti pembuluh darah, dan saraf. Kondisi tersebut juga terjadi akibat tumor menempati sejumlah ruang di rongga tengkorak, yang akan menyebabkan peningkatan tekanan intrakranial.

Gejala dari tumor otak bergantung dari jenis dan lokasi tumor. Ini karena area yang berbeda dapat menyebabkan keluhan yang berbeda pula. Bahkan pada beberapa kasus, tumor otak tidak mempunyai gejala sampai berukuran cukup besar.

Ciri dari sakit kepala akibat tumor otak adalah nyeri yang tumpul dan berdenyut, mirip dengan migrain atau tension type headache. Semakin besar ukuran tumor, frekuensi sakit kepala juga semakin sering, dengan derajat keparahan yang semakin berat.

Sakit kepala akibat tumor otak kerap terjadi bersamaan dengan gejala-gejala berikut ini:

  • Kejang
  • Gangguan penglihatan dan pendengaran
  • Kelemahan lengan dan kaki
  • Gangguan mood
  • Perubahan kemampuan bicara
  • Penurunan kognitif
  • Penurunan kesadaran pada tahap akhir dari tumor

Jika Anda mengalami sakit kepala bersamaan dengan keluhan di atas, atau sakit kepala tidak seperti keluhan pada umumnya, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Deteksi tumor otak sedini mungkin akan memperbesar kemungkinan untuk sembuh.

[NB/ RVS]

Tumor otakTumorSakit Kepala

Konsultasi Dokter Terkait