Sukses

Trigger Finger, Ketika Jari Tangan Terkunci

Pernah mengalami jari tangan terkunci dan kaku untuk digerakkan? Kondisi ini dikenal dengan trigger finger. Kenali penyebabnya di sini.

Bagi Anda yang selalu berkutat di balik layar laptop seharian, pernahkah mengalami rasa kaku di tangan? Atau jari yang kaku terjadi ketika Anda memegang gawai dalam waktu yang cukup lama? Kondisi yang Anda alami ini dikenal dengan trigger finger.

Trigger finger, atau dikenal dengan jari pelatuk, muncul ketika ada gangguan pada tendon jari tangan. Tendon merupakan jaringan penghubung tulang ke otot yang memiliki fungsi menggerakan tulang saat otot berkontraksi.

Agar dapat bergerak bebas saat jari tangan ditekuk atau diluruskan, tendon dilindungi oleh selubung yang memproduksi cairan pelumas. Apabila tendon terganggu, jari akan sulit untuk diluruskan (jari terkunci pada posisi tertekuk).

1 dari 3 halaman

Apa Penyebab Trigger Finger?

Sebenarnya, penyebab pasti kondisi jari terkunci belum diketahui. Namun, ada beberapa hal yang dapat memicu timbulnya kondisi tersebut. Berikut beberapa di antaranya:

1. Penggunaan Tangan yang Berlebihan

Penggunaan tangan dan gerakan berulang pada jari-jari tangan akan memicu peradangan dan pembengkakan pada tendon. Akhirnya, tendon tidak dapat bergerak bebas di dalam selubung tersebut dan menggumpal membentuk tonjolan.

Artikel Lainnya: Awas, Kebanyakan Main Handphone Bisa Picu Trigger Finger!

Ketika tendon ‘terperangkap’ di bawah selubung, jari tersebut akan berbunyi ‘klik’ dan nyeri saat diluruskan. Hal itulah yang membuat jari menjadi sulit ditekuk dan terjadilah jari terkunci.

2. Menggenggam Objek Terlalu Kuat dalam Waktu yang Cukup Lama

Sering menggenggam gawai dalam waktu yang lama? Bisa jadi kebiasaan tersebut memicu jari terpelatuk. Penyebab lainnya dari trigger finger adalah ketika tangan menggenggam objek terlalu kuat.

3. Sering Melakukan Pekerjaan Rumah yang Menggunakan Jari-Jari Tangan

Pekerjaan rumah, misalnya memasak dan mencuci memanfaatkan jari-jari tangan. Apabila sering dilakukan, aktivitas tersebut berpotensi menjadi penyebab trigger finger. Tak heran, jari pelatuk ini lebih sering dialami wanita.

4. Pernah Mengalami Cedera di Area Telapak Tangan

Trigger finger juga dapat diakibatkan oleh cedera di area telapak tangan. Apabila Anda pernah mengalami cedera tersebut, bisa jadi kaku pada jari tangan yang Anda alami adalah kondisi jari terpelatuk.

5. Berusia 40-60 Tahun

Usia ternyata dapat memengaruhi terjadinya trigger finger. Apabila Anda berusia sekitar 40-60 tahun, maka Anda berisiko mengalami kondisi jari terkunci.

6. Memiliki Penyakit Tertentu

Selain beberapa penyebab trigger finger di atas, terdapat penyakit yang bisa mencetuskan kondisi tersebut. Diabetes mellitus dan rematik adalah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan trigger finger.

Artikel Lainnya: 6 Penyebab Jari Tangan Terasa Kebas

2 dari 3 halaman

Bagaimana Menanganinya?

Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebagai cara untuk mengatasi jari tangan terkunci:

  • Istirahat

Cobalah untuk mengistirahatkan tangan dari segala aktivitas sebagai cara mengobati trigger finger. Pasalnya, aktivitas yang melibatkan tangan, misalnya bermain ponsel terus-menerus, bisa memperparah kondisi.

  • Lakukan Kompres Dingin

Cara mengatasi jari tangan yang terkunci juga bisa dilakukan dengan kompres dingin. Hal ini berguna untuk mengurangi peradangan serta nyeri.

  • Pemakaian Splint

Pemakaian splint dilakukan agar jari-jari Anda tidak banyak bergerak. Jika jari-jari Anda sering kaku pada pagi hari, bisa menggunakan splint selama tidur malam untuk mengurangi gejala. 

  • Fisioterapi

Fisioterapi juga dapat menjadi cara mengatasi jari tangan yang terkunci, karena membantu mengurangi rasa kaku. 

  • Obat-obatan

Bila keluhan nyeri cukup mengganggu, Anda bisa mengonsumsi obat golongan antiinflamasi non-steroid (OAINS).

Nah, itulah penyebab trigger finger dan beberapa cara untuk mengatasinya. Jika Anda mengalami kondisi ini, segera periksakan ke dokter. Pasalnya, gangguan jari tangan terkunci ini dapat menyebabkan jari menjadi kaku atau terkunci secara permanen.

Anda juga dapat mengonsultasikan keluhan trigger finger kepada dokter melalui layanan Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter.

[WA]

0 Komentar

Belum ada komentar