Sukses

Bahaya Tersembunyi di Balik Bedak Tabur Bayi

Selain dapat mengatasi ruam, bedak tabur bayi juga membuat si Kecil tetap wangi. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat bahaya yang bisa terjadi akibat penggunaan bedak tabur?

Setelah mandi, tidak lengkap rasanya jika bedak bayi tidak ditaburkan pada tubuh si Kecil. Partikel halus bedak dapat menjaga kulit bayi tetap kering dan halus, sehingga risiko biang keringat dan ruam popok dapat dicegah. Selain itu, bedak tabur juga digunakan untuk membuat anak Anda tetap harum dengan aroma bayi.

Namun ternyata, penggunaan bedak tabur bayi yang tidak tepat dapat berisiko menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Mengetahui hal ini, Anda sebagai orang tua tentu khawatir. Oleh karena itu, jika tidak ingin mengalaminya, yuk kenali bahaya bedak bayi berikut ini!

 

1 dari 3 halaman

Dampak Pemakaian Bedak Bayi

Bedak merupakan partikel kecil dan halus seperti debu. Bahan utama penyusun bedak tabur bayi ini, di antaranya kumpulan mineral seperti magnesium, oksigen, dan silikon yang kemudian dikenal sebagai talkum atau talc.

Kandungan mineral pada bedak tabur tersebut yang membantu menyerap kelembapan dan menjaga agar tidak terjadi gesekan berlebih di antara kulit. Dengan begitu, bedak tabur bayi baik untuk menjaga kulit bayi tetap kering dan terhindar dari gatal dan ruam.

Artikel Lainnya: Kulit Bayi Pecah-Pecah, Perlukah Khawatir?

Selain itu, bedak bayi juga biasanya mengandung vitamin E, pengharum, dan trikalsium fosfat.

Di balik manfaatnya untuk mengatasi gatal, ternyata terdapat bahaya bedak bayi yang sayangnya belum banyak diketahui oleh para orang tua. Berikut beberapa bahaya yang mungkin terjadi:

  • Gangguan Pernapasan

Bedak bayi memiliki partikel yang kecil, sehingga berisiko terhirup oleh bayi Anda dan masuk ke saluran pernapasan. Bahaya bedak tabur untuk bayi ini apabila hanya sesekali terjadi mungkin tidak kentara karena hanya membuat anak Anda bersin-bersin.

Namun, jika bedak tabur terus-menerus terhirup, maka hal ini akan menimbulkan masalah, mulai dari sering batuk-pilek hingga masalah pernapasan yang cukup serius.

  • Iritasi Kulit

Salah satu bahaya bedak bayi adalah munculnya iritasi kulit. Kulit adalah pertahanan tubuh paling luar. Berbeda dengan dewasa yang fungsi pertahanan pada kulitnya sudah matang, bayi yang masih dalam masa perkembangan memiliki kulit yang masih sensitif.

Kondisi kulit yang masih rentan dan sensitif ditambah penggunaan produk untuk kulit bayi seperti losion, krim, ataupun bedak berisiko menyebabkan iritasi kulit. Bukannya mendapatkan manfaat untuk kulit anak Anda, malah masalah kulit yang bisa didapat.

Artikel Lainnya: Amankah Penggunaan Losion pada Bayi?

2 dari 3 halaman

Penggunaan Bedak Tabur Harus Dihentikan?

Mengetahui bahaya bedak bayi yang bisa terjadi pada si Kecil, lalu apakah penggunaan bedak tabur harus dihentikan?

Sebenarnya, American Academy of Pediatrics sudah tidak lagi menyarankan penggunaan bedak tabur bayi karena beberapa risiko yang dapat membahayakan si Kecil.

Akan tetapi, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) masih memperbolehkan penggunaannya dengan beberapa syarat berikut:

  • Pilih bedak yang terbuat dari bahan talkum.
  • Tuang bedak pada telapak tangan Anda, kemudian usapkan tipis dan merata sebelum menggunakannya pada bayi Anda.
  • Utamakan bagian lipatan tubuh bayi yang sudah kering.
  • Hindari penggunaan bedak bayi pada sekitar wajah karena berisiko terhirup.
  • Hindari penggunaan bedak dengan kapas atau puff powder karena menyebabkan partikel bedak beterbangan dan berisiko terhirup.
  • Bedak cair dapat menjadi pilihan.

Selain beberapa hal di atas, pastikan kulit bayi Anda kering sebelum memberikan bedak. Jangan lupa juga untuk membersihkan sisa bedak jika penggunaannya sudah beberapa jam lalu. Kulit yang lembap akibat bayi Anda berkeringat ditambah kumpulan sisa bedak malah akan menyebabkan iritasi kulit.

Jadi, meskipun tidak wajib, sebenarnya bedak tabur bayi boleh, kok, digunakan. Namun, hal ini tentu dibarengi dengan memperhatikan beberapa hal agar tidak menimbulkan dampak pemakaian bedak bayi yang berbahaya.

Bagi Anda yang sudah menggunakan bedak bayi dalam jangka waktu lama, penting untuk mewaspadai adanya masalah kulit atau pernapasan. Jika Anda menemukan adanya masalah, maka segera konsultasikan ke dokter anak untuk penanganan lebih lanjut.

[WA]

 

0 Komentar

Belum ada komentar