Sukses

Intip Manfaat Petroleum Jelly untuk Kulit

Petroleum jelly merupakan salah satu produk alami yang memiliki banyak manfaat untuk kulit. Mulai dari untuk menjaga kelembapan kulit hingga mencegah ruam.

Petroleum jelly merupakan produk alami yang dibuat dari campuran wax dan mineral oil. Petroleum jelly ditemukan oleh Robert Chesebrough pada tahun 1859. Tidak banyak yang berubah dari petroleum jelly sejak saat itu hingga sekarang.

Chesebrough mulai menyadari manfaat petroleum jelly saat melihat para pekerja tambang menggunakan semacam olesan kental untuk membantu penyembuhan berbagai luka, termasuk luka bakar.

Sejak itu, petroleum jelly banyak digunakan untuk merawat kulit hingga sekarang. Berikut ini beberapa manfaat petroleum jelly untuk kulit:

1 dari 6 halaman

1. Menjaga Kelembapan Kulit

Sudah merupakan rahasia umum bahwa petroleum jelly banyak digunakan untuk membantu menjaga kelembapan kulit. Petroleum jelly akan membentuk lapisan tipis kedap pada kulit yang mengurangi penguapan.

Meski dapat membantu menjaga kelembapan, tak jarang lapisan petroleum jelly pada kulit juga bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo, sehingga penting untuk membersihkan sisa petroleum jelly dengan sempurna saat mandi atau sebelum tidur.

Artikel Lainnya: Cegah Eksim pada Bayi dengan Petroleum Jelly

2. Membantu Penyembuhan Luka

Penelitian membuktikan bahwa petroleum jelly efektif untuk mengurangi bekas luka pasca operasi minor. Hal ini berkat efek melembapkan dari petroleum jelly, sehingga bekas luka tidak kering dan gatal.

Namun, perlu diperhatikan untuk membersihkan dan memastikan permukaan kulit bebas kuman agar tidak ada kuman yang terjebak di bawah lapisan petroleum jelly tersebut.

3. Mencegah Ruam

Lelah menghadapi ruam popok pada bayi? Petroleum jelly dapat membantu mencegah timbulnya ruam popok pada bayi. Oleskan petroleum jelly pada area yang tertutup popok. Jangan lupa untuk membersihkan dan mengeringkan kulit anak dengan handuk yang kering dan bersih terlebih dahulu.

Petroleum jelly akan memberikan lapisan proteksi yang mencegah kontak antara kulit dengan keadaan lembap yang terus-menerus, sehingga dapat mencegah terjadinya ruam akibat pemakaian popok.

2 dari 6 halaman

4. Merawat Bibir Pecah-Pecah

Petroleum jelly juga bermanfaat untuk menjaga kelembapan bibir dan membantu proses regenerasi bibir yang pecah-pecah. Tekstur petroleum jelly yang lebih padat dari krim akan membantu menjaga kelembapan bibir lebih lama. Bibir pun menjadi lebih lembut sehingga terasa nyaman.

5. Membersihkan Sisa Kosmetik Membandel

Sering kesulitan membersihkan riasan mata yang tahan air? Petroleum jelly dapat membantu menyelesaikannya.

Mirip dengan baby oil, petroleum jelly juga berbahan dasar minyak sehingga dapat membantu membersihkan riasan yang tidak dapat dibersihkan dengan air. Penelitian juga membuktikan bahwa petroleum jelly aman digunakan di area mata.

6. Mengatasi Lecet Karena Gesekan

Area kulit yang bergesekan dapat meradang, bahkan bisa timbul benjolan berisi air atau dikenal dengan istilah lenting. Misalnya, keluhan ini sering kali muncul saat menggunakan sepatu baru. Nah, manfaat petroleum jelly juga dapat mengatasi lecet tersebut.

Oleskan produk ini pada area yang bermasalah, untuk membentuk lapisan pelindung. Jika gesekan kulit berkurang, maka keluhan lecet dan lentingnya pun mudah sembuh.

Artikel Lainnya: Benarkah Vaseline Dapat Cegah MERS?

3 dari 6 halaman

7. Perawatan Kuku

Bagi Anda yang rutin menggunakan cat kuku, atau melakukan manicure maupun pedicure, pasti cukup familier dengan masalah kuku yang rapuh dan mudah patah. Siapa sangka manfaat petroleum jelly untuk kecantikan juga bisa menangani masalah kuku.

Untuk mengatasi keluhan kuku karena penggunaan cat kuku, gunakan petroleum jelly pada area kuku dan kutikel secara rutin. Untuk hasil yang terbaik, pakaikan produk di antara waktu penggunaan cat kuku dan gunakan pada kuku yang lembap, misalnya setelah direndam atau setelah mandi.

8. Perawatan Eksim

Eksim adalah masalah kulit jangka panjang berupa keluhan ruam yang bersisik, gatal, dan meradang. Petroleum jelly dapat menjadi pertolongan pertama jika Anda mengalami masalah kulit ini. Produk yang bersifat melembapkan ini bahkan dapat mencegah kambuhnya eksim, menurut sebuah penelitian di tahun 2017.

9. Menghindari Kulit Mengelupas

Terkadang muncul masalah kulit yang kering atau iritasi hingga mengelupas. Manfaat petroleum jelly untuk kulit juga berupa pencegahan kulit mengelupas. Cukup oleskan produk ini pada area yang kering atau meradang, sehingga tidak sampai mengelupas.

4 dari 6 halaman

10. Mengatasi Tumit Pecah-Pecah

Salah satu manfaat petroleum jelly adalah untuk mengatasi tumit pecah-pecah. Masalah ini dapat disebabkan area yang kering, banyak terkena gesekan, tidak menggunakan alas kaki, dsb. Tentunya, keluhan ini mengganggu penampilan jika menggunakan alas kaki yang terbuka.

Gunakan produk petroleum jelly secara rutin untuk menanganinya. Pada malam hari, gunakan kaos kaki setelah Anda mengoleskan produk pada area tumit yang bermasalah.

11. Mengurangi Rambut Bercabang

Masalah rambut bercabang dapat disebabkan paparan sinar matahari dan angin, juga bahan kimia misalnya air kolam renang yang membuat rambut kering. Solusinya? Oleskan petroleum jelly pada telapak tangan dan pakaikan pada ujung rambut Anda yang bercabang.

Artikel Lainnya: Jangan Lakukan Ini Saat Kulit Terbakar Sinar Matahari

12. Mencegah Noda pada Kulit

Penggunaan cat rambut atau cat kuku yang mengenai kulit dapat menyebabkan noda pada kulit. Manfaat petroleum jelly adalah dengan mencegah timbulnya noda ini. Caranya dengan mengoleskan petroleum jelly pada garis rambut atau kulit di sekitar kuku sehingga membentuk lapisan pelindung.

5 dari 6 halaman

13. Mencegah Iritasi Hidung Saat Sedang Pilek

Saat Anda sedang pilek atau alergi, pasti sering membuang ingus. Gesekan tisu pada kulit hidung sering kali menyebabkan iritasi, sehingga kemerahan dan terasa nyeri. Manfaatkan petroleum jelly untuk mencegah masalah ini, dengan mengoleskannya pada area di sekitar hidung.

14. Mengurangi Keluhan Pasca Menghilangkan Bulu

Rambut pada kepala yang indah dan sehat memang diidamkan, namun jika ditemukan pada bagian tubuh lain biasanya kurang disukai. Wanita sering kali melakukan waxing, sementara banyak pria rutin bercukur untuk menghilangkan rambut atau bulu yang dirasa mengganggu penampilan.

Namun, setelah proses menghilangkan rambut atau bulu dapat timbul keluhan nyeri pada kulit, kemerahan, atau gatal. Manfaatkan petroleum jelly untuk mengatasi keluhan ini.

15. Melindungi Luka dari Air

Terkadang jika terdapat luka pada kulit, Anda disarankan untuk menjaganya tetap kering. Memang tersedia plester khusus anti-air yang dapat Anda gunakan, sehingga luka selalu kering walaupun Anda mandi.

Namun, Anda juga dapat menggunakan petroleum jelly. Jika dioleskan pada luka, produk ini akan membentuk lapisan perlindungan yang tidak tembus air.

Petroleum jelly termasuk produk yang alami, hipoalergenik, dan aman untuk digunakan. Namun, tidak menutup kemungkinan timbulnya reaksi efek samping seperti alergi atau reaksi lainnya. Jika muncul efek samping setelah menggunakan petroleum jelly, segeralah berkonsultasi ke dokter.

Untuk membaca artikel kesehatan yang menarik lainnya, Anda dapat mengunduh aplikasi KlikDokter.

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar