Sukses

5 Manfaat Petroleum Jelly untuk Kulit

Pernah dengar petroleum jelly ? Produk alami ini memiliki banyak manfaat bagi kulit Anda, termasuk kulit bayi.

Klikdokter.com, Jakarta Petroleum jelly merupakan produk alami yang merupakan campuran dari wax dan mineral oil. Petroleum jelly ditemukan oleh Robert Chesebrough pada tahun 1859. Tidak banyak yang berubah dari petroleum jelly sejak saat itu hingga sekarang.

Chesebrough mulai menyadari khasiat petroleum jelly saat melihat para pekerja tambang yang menggunakan semacam olesan kental untuk membantu proses penyembuhan berbagai luka termasuk luka bakar. Sejak itu, petroleum jelly banyak digunakan untuk merawat kulit hingga sekarang. Berikut ini beberapa manfaat lain dari petroleum jelly.

  1. Menjaga kelembapan kulit

    Sudah merupakan rahasia umum bahwa petroleum jelly banyak digunakan untuk membantu menjaga kelembapan kulit. Petroleum jelly akan membentuk lapisan tipis kedap pada kulit yang mengurangi penguapan.

    Meski dapat membantu menjaga kelembapan, tak jarang lapisan petroleum jelly pada kulit juga dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan komedo, sehingga penting untuk membersihkan sisa petroleum jelly dengan sempurna saat mandi atau sebelum tidur.

  2. Membantu penyembuhan luka

    Penelitian membuktikan bahwa petroleum jelly efektif untuk mengurangi bekas luka atau scar pasca operasi minor. Hal ini disebabkan juga oleh efek melembapkan dari petroleum jelly, sehingga bekas luka tidak kering dan gatal, dan meninggalkan bekas yang lebih samar. Namun, perlu diperhatikan untuk membersihkan dan memastikan permukaan kulit bebas kuman agar tidak ada kuman yang terjebak di bawah lapisan petroleum jelly tersebut.

  3. Mencegah ruam

    Lelah menghadapi ruam popok pada bayi? Petroleum jelly dapat membantu mencegah timbulnya ruam popok pada bayi. Oleskan petroleum jelly pada area yang tertutup popok. Jangan lupa untuk membersihkan dan mengeringkan kulit anak dengan handuk yang kering dan bersih terlebih dahulu.

    Petroleum jelly akan memberikan lapisan proteksi yang mencegah kontak antara kulit dengan keadaan lembap yang terus-menerus, sehingga dapat mencegah terjadinya ruam akibat pemakaian popok.

  4. Merawat bibir pecah-pecah

    Petroleum jelly juga bermanfaat untuk menjaga kelembaban bibir dan membantu proses regenerasi bibir yang pecah-pecah. Tekstur petroleum jelly yang lebih padat dari krim atau ointment lainnya akan membantu menjaga kelembapan bibir lebih lama. Bibir pun menjadi lebih lembut sehingga terasa nyaman.

  5. Membersihkan sisa kosmetik membandel

    Sering kesulitan membersihkan riasan mata yang tahan air? Petroleum jelly dapat membantu menyelesaikannya. Mirip dengan baby oil, petroleum jelly juga berbahan dasar minyak sehingga dapat membantu membersihkan riasan yang tidak dapat dibersihkan dengan air. Penelitian juga membuktikan bahwa petroleum jelly aman digunakan di area mata.

Petroleum jelly termasuk produk yang alami, hipoalergenik, dan aman untuk digunakan. Namun, tidak menutup kemungkinan timbulnya reaksi efek samping seperti alergi atau reaksi lainnya. Jika muncul efek samping setelah menggunakan petroleum jelly, segeralah berkonsultasi ke dokter.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar