Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatKulitCara Mencegah Komedo yang Ganggu Penampilan Anda
Kulit

Cara Mencegah Komedo yang Ganggu Penampilan Anda

dr. Adeline Jaclyn, 23 Mei 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Kemunculan komedo bisa mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Adakah cara mencegah komedo agar tak sampai menyebabkan hal demikian? Cek di sini!

Cara Mencegah Komedo yang Ganggu Penampilan Anda

Komedo terjadi akibat sumbatan kelenjar minyak dan peradangan. Terdapat dua jenis komedo, yakni komedo tertutup (terlihat seperti titik putih) dan terbuka (terlihat seperti titik hitam). 

Komedo putih terbentuk karena pori-pori kulit tertumpuk oleh sel kulit mati, sebum, bakteri, dan folikel. Jenis komedo ini biasanya dipicu oleh jenis produksi minyak berlebih di kulit, kebiasaan memakai kosmetik, atau paparan bahan kimia lain. 

Sementara itu, komedo hitam memiliki warna gelap karena permukaannya tidak tertutup dengan kulit. Oleh karena itu, bagian tersebut terpapar udara sehingga teroksidasi. Komedo hitam bisa terjadi akibat tidak menjaga kebersihan dan stres. 

Kenapa komedo sering muncul di hidung? Sebab, area kulit hidung memiliki pori-pori lebih besar dan kelenjar minyak pada cukup banyak dibandingkan area kulit lainnya.

Komedo bisa terjadi pada siapa saja, dan keluhan ini biasanya muncul di wajah, punggung, dada, atau bahu. 

Lalu, bagaimana cara mencegah komedo yang efektif? Di bawah ini kiat-kiat yang bisa Anda ikuti:

1. Gunakan Pelembap yang Sesuai dengan Kulit Wajah

Cara mencegah timbulnya komedo yang pertama adalah dengan menggunakan pelembap. 

Komedo sering kali dialami oleh orang yang memiliki jenis kulit berminyak. Nah, produksi minyak berlebih itu sering terjadi akibat penggunaan pelembap yang tidak tepat. 

Agar komedo tak muncul lagi, Anda sebaiknya menggunakan pelembap yang bebas minyak (oil free) dan berlabel nonkomedogenik. Penggunaan produk tersebut penting, apalagi jika kulit Anda tergolong berminyak.

2. Rutin Mencuci Wajah

Malas membersihkan wajah setelah beraktivitas seharian membuat debu, kotoran, dan polusi mudah menumpuk di wajah. Keadaan ini bisa meningkatkan risiko munculnya komedo, bahkan jerawat.

Agar hal tersebut tidak terjadi, Anda perlu membersihkan wajah setidaknya 2 kali sehari menggunakan produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit.

Artikel Lainnya: Menghilangkan Komedo dengan Skin Gritting, Efektifkah?

3. Hindari Penggunaan Kosmetik Tebal

Sumbatan pada pori-pori kulit bisa terjadi karena penggunaan kosmetik yang berlebihan atau terlalu tebal, terlebih jika kulit Anda tergolong berminyak. 

Jadi, cara yang bisa dilakukan agar komedo tidak muncul lagi adalah dengan menghindari penggunaan kosmetik, termasuk foundation dan bedak compact secara berlebihan. 

Anda pun sebaiknya tidak menggunakan produk-produk tersebut setiap hari, agar tidak menyebabkan sumbatan pada pori-pori.

4. Terapkan Diet Rendah Lemak dan Karbohidrat

Pengaruh asupan makanan terhadap jerawat dan komedo memang masih bersifat individual alias berbeda-beda pada setiap orang. 

Namun, diketahui bahwa konsumsi makanan rendah karbohidrat dan lemak dapat memperbaiki kontrol hormonal pada tubuh. Hal ini pada akhirnya bisa menurunkan risiko munculnya jerawat dan komedo.

5. Hindari Alkohol dan Rokok

Cara mencegah komedo di wajah yang selanjutnya adalah dengan menghindari alkohol dan rokok. 

Pasalnya, kedua hal tersebut dapat memicu produksi minyak berlebih di wajah sehingga meningkatkan peluang munculnya komedo maupun jerawat. 

Tak hanya itu, alkohol dan rokok juga bisa membuat Anda lebih berisiko mengalami penuaan dini, lho.

Artikel Lainnya: Menghilangkan Komedo di Wajah dengan Pasta Gigi, Apakah Efektif?

6. Jangan Memencet Komedo

Memencet komedo, terlebih dengan tangan atau alat yang tidak steril, dapat meningkatkan risiko peradangan.

Tindakan tersebut juga bisa menyebabkan infeksi yang membuat keluhan bertambah parah.

7. Lakukan Eksfoliasi Wajah

Eksfoliasi wajah bisa menjadi cara menghindari komedo yang dapat Anda coba. 

Eksfoliasi dilakukan untuk membersihkan sel kulit mati dari permukaan kulit. Hal ini dapat membantu mencerahkan wajah dan mengoptimalkan penyerapan produk perawatan kulit yang digunakan. 

Anda dapat melakukan eksfoliasi dengan cara sederhana, misalnya memanfaatkan scrub wajah saat akan mencuci muka. 

Meski begitu, eksfoliasi tidak boleh dilakukan berlebihan. Lakukanlah hanya 1‒2 kali dalam seminggu. Bagi kulit wajah yang sedang meradang maupun berjerawat aktif, eksfoliasi sebaiknya dihindari. Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

8. Gunakan Tabir Surya

Tabir surya tidak akan memicu memicu munculnya jerawat maupun komedo. Produk ini justru mampu melindungi kulit dari dampak buruk akibat paparan sinar matahari.

Apabila kulit Anda tergolong berminyak, sangat disarankan untuk memilih produk tabir surya dengan tulisan nonkomedogenik. Produk ini mengandung bahan yang tidak menyumbat pori-pori. 

Selain itu, hindari menggunakan tabir surya untuk tubuh ke area wajah. Tabir surya untuk tubuh cenderung memiliki konsistensi lebih kental dan berminyak, sehingga tak cocok untuk digunakan pada bagian wajah.

Artikel Lainnya: Pakai Alat Vacum Komedo Efektif atau Bahaya?

9. Gunakan Pakaian yang Tidak Terlalu Ketat

Pakaian yang terlalu ketat dapat menyebabkan keringat terperangkap. Hal ini membuat keringat mudah bercampur dengan minyak dan bakteri, sehingga memicu munculnya komedo. 

Sebagai solusinya, gunakanlah pakaian longgar serta berbahan menyerap keringat ketika bekerja. Dengan demikian, kulit Anda lebih mudah bernapas sehingga komedo dan jerawat dapat dihindari. 

10. Istirahat yang Cukup

Stres dapat memicu kelenjar minyak untuk lebih aktif, sehingga meningkatkan risiko munculnya komedo. 

Anda perlu beristirahat cukup dengan tidur setidaknya 7‒8 jam setiap malam. Anda pun dianjurkan untuk berolahraga guna mencegah munculnya komedo di kemudian hari.

Itulah beberapa cara mencegah komedo yang bisa Anda coba. Mulai sekarang, hindari faktor pencetus timbulnya komedo dan rawatlah kulit Anda sebaik mungkin. 

Segera hentikan penggunaan produk tertentu yang menyebabkan iritasi kulit, muncul jerawat, kemerahan, dan nyeri. 

Apabila butuh bantuan atau memiliki pertanyaan seputar komedo dan masalah kulit lainnya, tak perlu ragu untuk berkonsultasi melalui layanan tanya dokter di Live Chat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

kulitJerawatKomedo

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter