Sukses

Cara Mudah Redakan Nyeri Haid Tanpa Obat

Ini berita baik untuk Anda. Nyeri haid yang biasanya sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, kini bisa diredakan tanpa obat!

Klikdokter.com, Jakarta Bagi wanita, nyeri haid merupakan suatu hal yang lazim dialami setiap bulan. Dengan tingkat keparahan gejala yang berbeda-beda, tak jarang wanita mencari berbagai cara untuk membantu meredakan keluhan yang dialaminya.

Nyeri haid biasanya menyebabkan rasa tidak nyaman di perut, nyeri pinggang, pusing, mual, hingga muntah. Jika Anda mengalami keluhan tersebut, dengan intensitas ringan hingga sedang, beberapa cara yang dapat dicoba untuk membantu meredakannya adalah:

  • Atur diet

    Nyeri haid dipengaruhi oleh proses peradangan, ketidakseimbangan nutrisi, dan stres. Hampir semua faktor tersebut dapat diatasi dengan memperbaiki pola makan, sehingga penting untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan cukup gizi dari makanan yang sehat.

    Anda pun sebaiknya tidak mengonsumsi terlalu banyak makanan berlemak dan terlalu asin, alkohol, minuman berkafein dan bersoda.

    Perlu diketahui, anggapan bahwa minuman bersoda dapat meredakan nyeri haid adalah mitos belaka. Minuman jenis ini justru dapat menimbulkan gastritis, yang akan memperburuk keadaan. Daripada mengonsumsi minuman tersebut, perbanyaklah minum air putih agar tubuh fit dan segar.

  • Pijat

    Lakukan pemijatan ringan pada area perut bawah. Jangan memijat terlalu keras, cukup dengan tekanan ringan memutar searah jarum jam.

    Pemijatan akan membantu merelaksasi otot-otot di area tersebut, sekaligus menenangkan tubuh. Padukan teknik pemijatan ini dengan minyak esensial beraroma menenangkan, agar tubuh lebih rileks.

  • Olahraga ringan

    Olahraga memicu tubuh untuk menghasilkan hormon endorfin, yang dapat membantu meredakan nyeri. Olahraga ringan yang dapat Anda lakukan adalah jogging, atau yoga.

    Dengan berolahraga, pikiran dapat teralihkan dan tubuh akan terasa lebih segar. Aktivitas sehat ini juga membuat membuat metabolisme tubuh Anda membaik, sehingga asupan gizi yang masuk dapat disirkulasikan dengan baik.

  • Kompres hangat

    Cara yang paling mudah dan praktis adalah dengan mengompres bagian yang nyeri. Hangatkan handuk atau isi kantong kompres karet dengan air hangat. Tempelkan di perut bagian bawah untuk membantu meregangkan otot-otot perut, panggul, dan sekitarnya.
    Anda bisa melakukan cara ini sambil berbaring dengan fetal position untuk memaksimalkan efek yang dihasilkan.

Jika nyeri haid sangat mengganggu aktivitas sehari-hari, Anda dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol. Jika nyeri haid tidak membaik, jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Selamat mencoba!

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar