Sukses

Berapa Jam Sebaiknya Bayi Tidur dalam Sehari?

Agar kualitas tidur bayi senantiasa terjaga, ketahuilah berapa jam tidur ideal baginya.

Klikdokter.com, Jakarta Bayi yang baru lahir belum bisa melakukan banyak hal sendiri. Akhirnya bayi terlihat hanya menghabiskan waktu dengan menangis dan tidur sepanjang hari. Namun, sebenarnya berapa jam waktu ideal yang dibutuhkan bayi untuk tidur?

  1. Bayi baru lahir sampai 3 bulan

    Pada usia ini, seorang bayi cenderung menghabiskan banyak waktunya dengan terlelap. Dalam 24 jam, biasanya bayi akan menghabiskan waktu tidur hingga 18 jam.

    Namun, bayi baru lahir hingga yang berusia 3 bulan memilki pola tidur yang unik. Mereka umumnya tidak akan tidur lebih dari 3 jam, lalu mulai menangis kembali. Hal itu terjadi karena bayi merasa lapar dan haus.

    Selain itu, siklus tidur bayi lebih pendek karena lebih banyak berada dalam fase rapid eye movement (REM), sehingga tidurnya lebih mudah terganggu. Hal ini diperlukan untuk menyesuaikan perubahan yang terjadi di otak bayi.

    Namun, kondisi tersebut biasanya hanya terjadi dalam beberapa saat. Ketika bayi telah sampai pada minggu ke-6, dia akan lebih sedikit tidur pada siang hari. Sebaliknya, bayi akan membalasnya dengan tidur panjang pada malam hari. Bayi akan tertidur dengan nyenyak.

  2. Usia 3-6 bulan

    Saat berusia 3–6 bulan, waktu yang dibutuhkan bayi untuk tidur adalah 14 jam sampai 16 jam dalam satu hari. Biasanya bayi tidur selama 10 jam sampai dengan 11 jam tidur pada malam hari. Sisanya akan dilakukan bayi pada siang hari.

    Namun, tak menutup kemungkinan Anda akan bangun pada malam hari karena tangisan bayi. Di tengah malam, sesekali bayi akan terbangun karena lapar.

  3. Usia 6-9 bulan

    Pada usia 6 bulan, bayi membutuhkan tidur sekitar 14 jam dalam sehari. Tapi dengan pola tidur yang berbeda.

    Memasuki usia ini, bayi biasanya akan membagi tidurnya selama 7 jam pada siang hari dan malam hari. Jika bayi Anda tidur terlalu lama, biasanya dia akan bangun dengan sendirinya. Namun, hal tersebut tak akan lama karena bayi pada usia itu sudah lebih bisa mengendalikan dirinya dan kemudian kembali terlelap.

    Anda perlu membantu bayi untuk membiasakan pola tidurnya agar saat dewasa dia dapat tidur secara teratur. Pola tidur teratur yang dibiasakan sejak kecil biasanya ampuh untuk dibawa dan menjadi kebiasaan.

  4. Usia 9-12 bulan

    Pada masa ini, bayi biasanya akan tidur selama 11 sampai dengan 12 jam. Beberapa kali, bayi pada usia ini akan tidur siang tetapi tidak dalam waktu yang lama.

Tidur sangatlah penting untuk perkembangan bayi Anda. Anda harus memastikan bahwa bayi mendapatkan waktu tidur sesuai dengan kebutuhannya. Membiasakan jam tidur yang konsisten juga bisa menjadi satu cara untuk membantu bayi tertidur lebih pulas.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar