Sukses

5 Makanan yang Paling Diperlukan Ibu Hamil

Mengapa kelima makanan ini paling diperlukan oleh ibu hamil?

Klikdokter.com, Jakarta Dengan status berbadan dua, ibu hamil membutuhkan jumlah kalori yang lebih banyak dan komposisi makanan bergizi seimbang. Terutama, makanan dengan sumber zat gizi yang baik untuk pertumbuhan janin, seperti protein, asam folat, besi, vitamin D, dan kalsium. Berikut adalah lima makanan yang paling diperlukan ibu hamil:

  1. Serealia dan polong-polongan

    Serealia (gandum, beras merah) dan polong-polongan (lentil, kacang hijau, kacang merah, dan kedelai) kaya akan protein, besi, asam folat, kalsium, dan seng. Makanan-makanan ini juga mengandung serat sehingga dapat mengurangi sembelit saat hamil. Selain itu, konsumsi polong-polongan dapat menjaga tekanan darah dan gula darah ibu hamil.

    Baca juga: Mengatasi Diabetes dengan Buncis.

  2. Ikan

    Selain kaya akan protein dan vitamin B, ikan juga tinggi asam lemak omega-3 yang baik untuk perkembangan otak dan mata janin. Salmon, tuna, dan sarden memang paling tinggi kandungan gizinya, tetapi secara umum Anda dapat mengonsumsi berbagai jenis ikan selama tidak alergi.

  3. Telur

    Telur merupakan sumber protein yang menyediakan asam amino untuk pertumbuhan sel-sel bayi. Di samping itu, telur kaya akan vitamin D dan mineral, termasuk kolin yang diperlukan untuk perkembangan otak bayi. Selama hamil sebaiknya Anda mengonsumsi telur matang.

  4. Yoghurt

    Kandungan kalsium dalam secangkir yoghurt lebih banyak daripada dalam secangkir susu. Di samping itu, yoghurt juga tinggi protein. Untuk pilihan yang lebih sehat, Anda dapat mengonsumsi yoghurt rendah lemak dan tanpa rasa (plain).

  5. Sayuran hijau

    Sayuran hijau seperti bayam, kale, selada, dan kailan kaya akan besi dan asam folat. Mereka juga tinggi vitamin K, yang berperan penting dalam proses pembekuan darah. Penyerapan zat-zat ini lebih baik bila dikonsumsi secara alami dibandingkan melalui suplemen.

Bagaimana dengan pola makan Anda? Untuk ibu hamil, sebaiknya kelima makanan tersebut selalu ada di dalam menu sehari-hari. Dengan demikian, kebutuhan zat gizi yang penting untuk janin akan terpenuhi secara alami.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar