Sukses

5 Khasiat Ajaib Kacang Merah

Selain lezat, sup kacang merah juga bergizi tinggi. Apa manfaat kacang merah ini bagi kesehatan?

Klikdokter.com, Jakarta Kacang-kacangan disebut sebagai makanan yang memiliki sejumlah kebaikan bagi tubuh. Tak hanya itu, ternyata ada beberapa jenis kacang-kacangan yang memiliki khasiat ajaib bagi kesehatan. Salah satunya kacang merah.

  1. Melancarkan Pencernaan

    Setiap ½ gelas kacang merah mengandung 7 sampai 8 gram serat. Serat yang terkandung dalam kacang merah baik untuk kesehatan usus dan pencernaan.

    Serat dalam kacang merah dapat “menyapu” saluran pencernaan Anda secara efektif. Hal tersebut dapat menghindari Anda dari sembelit dan masalah pencernaan lainnya.

    Kacang merah juga mengandung karbohidrat kompleks yang berfungsi seperti serat makanan. Kandungan ini berkontribusi terhadap kesehatan pencernaan dengan memberi makan bakteri “baik” yang tinggal di usus besar Anda, dan membantu menjaga kesehatan usus.

  2. Memelihara Kesehatan Jantung

    Kacang merah merupakan protein nabati berkualitas rendah lemak dan bebas kolesterol. Hasilnya, kacang merah dapat menjaga kesehatan jantung dengan berbagai cara.

    Memilih kacang merah ketimbang daging dapat membantu mengurangi asupan lemak jenuh secara signifikan. Artinya, Anda telah menghalangi pemicu kolesterol tinggi masuk ke dalam tubuh. Selain itu, serat larut dalam kacang merah membantu menormalkan kadar kolesterol “jahat”.

    Kacang merah juga mengandung tiga jenis mineral yang merupakan kunci untuk mengendalikan kalsium, magnesium, dan potasium. Selain memberi manfaat pada jantung, memasukkan mineral-mineral ini dalam makanan Anda dapat membantu menghindari kram otot.

  3. Mengontrol Berat Badan

    Tak hanya membantu mengurangi berat badan, kacang merah juga bisa berperan dalam proses menaikkan berat badan.

    Kandungan protein tinggi yang terdapat pada kacang merah membuat tekstur kacang yang satu ini lebih kenyal. Artinya, Anda lebih mungkin merasa kenyang lebih lama setelah memakan kacang merah.

    Jika Anda mengombinasikan konsumsi kacang merah dengan olahraga, tubuh ideal tidak hanya menjadi impian belaka. Apalagi dengan mengonsumsi kacang merah, tubuh akan membangun jaringan bebas lemak yang nantinya akan membantu proses metabolisme.

  4. Menghindari Diabetes

    Rata-rata makanan yang dapat membantu mengendalikan berat badan dan baik untuk kesehatan jantung, efektif untuk melindungi diri dari diabetes tipe 2. Dan hal yang sama pun berlaku pada kacang merah.

    Serat dalam kacang merah memperlambat laju glukosa yang dilepaskan ke aliran darah Anda. Hal itu dapat membantu mencegah lonjakan insulin yang menyebabkan diabetes tipe 2.

    Menurut sebuah penelitian tahun 2004 yang diterbitkan di American Society for Clinical Nutrition, orang yang mengonsumsi makanan berserat tinggi secara signifikan, cenderung tidak mengembangkan diabetes tipe 2. Kacang merah juga mampu mengurangi jumlah total glukosa yang masuk ke aliran darah Anda.

  5. Mencegah Kanker

    Sebuah studi tahun 2016 yang dipimpin oleh periset Harvard dan dipublikasikan di jurnal Pediatrics menemukan, kacang merah dapat membantu mencegah kanker payudara.

    Dalam studi itu disebutkan bahwa wanita yang mengonsumsi makanan kaya serat selama masa remaja dan dewasa awal, mungkin memiliki risiko yang jauh lebih rendah terhadap kanker payudara.

Kacang merah memiliki kapasitas penyerapan radikal oksigen yang cukup tinggi. Artinya, antioksidan yang dikandungnya relatif efektif menangkal kerusakan akibat radikal bebas—yang pada akhirnya dapat menyebabkan kanker.

Melihat sederet manfaat dari kacang merah, Anda mungkin akan rugi jika tak segera mengonsumsinya. Masukkan kacang merah ke dalam makanan harian Anda, dan dapatkan khasiatnya untuk kesehatan. Selamat mencoba!

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar