Sukses

Kiat Mengolah Kacang Merah agar Tetap Kaya Nutrisi

Agar tak kehilangan manfaat dari kacang merah, Anda perlu mengolahnya melalui beberapa cara berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Kacang merah adalah salah satu makanan yang kaya akan serat. Selain itu, kacang merah mengandung asam folat, kalsium, karbohidrat, dan tinggi protein. Agar nutrisi pada kacang merah tetap terjaga, Anda perlu memasaknya dengan benar.

Berikut ini adalah beberapa langkah tepat untuk mengolah kacang merah.

  1. Pilih kacang merah yang tepat

    Sebelum mengolah, Anda perlu memilih kacang merah dengan benar terlebih dahulu. Anda sebaiknya memilih kacang merah yang tidak kehitaman, tidak berkerut, dan berlubang. Jika membeli kacang merah yang sudah direbus, pilih yang tidak berbau asam, tidak licin atau berlendir, dan sudah cukup empuk.

  2. Rendam kacang merah

    Setelah memilih kacang merah yang bagus, pastikan cuci kacang merah di bawah air mengalir. Setelah itu, Anda perlu merendamnya selama 1-2 jam. Perendaman dilakukan untuk mengempukan kacang merah.

  3. Perebusan

    Usai direndam, Anda bisa merebusnya selama dua jam atau sampai kacang merah empuk. Pastikan kacang merah selalu terendam air saat direbus. Jika teksturnya sudah tidak renyah dan mudah hancur, hal ini menandakan kacang sudah matang. Atau, Anda bisa merebusnya dengan teknik dimasak di dalam panci yang tertutup rapat selama satu jam.

Dengan mengonsumsi kacang merah secara teratur, Anda akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Salah satu manfaat terseut yaitu kacang merah dapat membantu memperbaiki kondisi jantung. Hal ini dapat terjadi karena kacang merah mengandung kalium, magnesium, serat, dan asam folat.

Kacang merah juga baik untuk mencegah penuaan dini, membantu menurunkan berat badan, dan mengontrol gula darah. Yuk, makan kacang merah yang diolah dengan tepat untuk mendapatkan manfaatnya bagi kesehatan.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar