Sukses

3 Makanan Tinggi Kalori yang Aman Dikonsumsi saat Diet

Meskipun ketiga makanan ini tinggi kalori, namun diyakini aman dikonsumsi saat Anda sedang diet. Benarkah demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Kalori yang menumpuk sering disinyalir sebagai sebab meningkatnya angka berat badan. Meski demikian, tak perlu khawatir 3 makanan tinggi kalori ini aman dikonsumsi walaupun Anda tengah menjalankan program diet:

  1. Alpukat

    Menurut seorang konselor nutrisi dan konsultan komunikasi, Samantha Cassetty, R.D., meski dipenuhi kalori, alpukat tetap aman untuk dikonsumsi selama diet. Pasalnya alpukat memiliki kandungan lain yang dapat membantu tubuh lebih cepat langsing.

    “Dalam sepertiga buah alpukat, terdapat 80 kalori. Tapi juga memiliki hampir 20 vitamin dan mineral, juga 3 gram serat,” katanya.
    Kandungan yang dimiliki alpukat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk lebih sering makan. Anda dapat mengonsumsi alpukat bersama menu diet lainnya seperti telur.

    “Cara yang bagus untuk memasukkan alpukat ke dalam rencana penurunan berat badan Anda adalah memasangkannya dengan telur orak-arik, dan kopi pagi Anda,” kata Marina Chaparro, R.D., juru bicara Akademi Nutrisi dan Dietetika.

  2. Kuning telur

    Kuning telur kerap dihindari karena memiliki jumlah kalori yang cukup tinggi. Namun siapa sangka kuning telur dapat membantu Anda menurunkan berat badan dalam jangka panjang.

    Saat memakan telur, banyak orang yang memisahkan antara putih telur yang dinilai lebih sehat dan ramah kalori, dengan kuning telur. Padahal kuning telur tersebut punya peran yang cukup banyak dalam menurunkan berat badan Anda lantaran mengandung vitamin A, B-vitamin, K2, dan kolin.

    “Nutrisi ini membantu mendukung fungsi metabolisme dan kesehatan tiroid Anda, yang keduanya sangat penting untuk menurunkan berat badan,” kata Laura Shoenfeld, RD, seorang dietitian and holistic health expert.

    Jika Anda merasa ngeri dengan timbunan kalori yang dihasilkan karena mengonsumsi kuning telur, Anda bisa menyiasatinya dengan membagi jenis makanan yang masuk ke dalam tubuh.

  3. Kacang-kacangan

    Kacang-kacangan banyak mengandung protein, serat dan lemak tak jenuh yang dapat membuat Anda lebih cepat kenyang. Hal itu menjadikan kacang-kacangan sebagai pilihan camilan terbaik di tengah menu diet Anda. Rasa kenyang yang bertahan lama juga dapat menghindari Anda dari keinginan untuk makan berlebih, yang dapat merusak diet.

Mengonsumsi makanan tinggi kalori dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, Anda pun dapat mengontrol jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Meski demikian, tetap memperhatikan takaran dan dalam jumlah yang sewajarnya.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar