Sukses

5 Makanan Terbaik untuk Trimester Pertama Kehamilan

Makanan-makanan ini cocok untuk trimester pertama kehamilan. Apa saja?

Klikdokter.com, Jakarta Pada trismester pertama kehamilan, seorang ibu hamil biasa mengalami morning sickness, sehingga menimbulkan mual dan muntah yang sangat hebat. Bahkan, mual dan muntah tersebut bisa muncul sepanjang hari.

Untuk mengatasi hal itu, seorang ibu hamil harus menghindari makanan beraroma kuat. Namun agar asupan nutrisi tetap terjaga, Anda yang baru memasuki kehamilan trimester pertama kehamilan perlu mengonsumsi beberapa makanan berikut ini:

  1. Semangka

    Semangka memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga dapat membantu meringankan dehidrasi yang terjadi akibat muntah. Selain itu, semangka adalah buah dengan kandungan kalori dan lemak yang rendah, sehingga cocok dijadikan camilan saat merasa mual.

  2. Labu

    Labu mungkin tidak terlalu disukai oleh ibu hamil karena rasanya yang tawar. Namun jika mengalami mual yang parah, Anda bisa mencoba mengonsumsi labu sebagai makanan pengganti karbohidrat. Labu mengandung magnesium yang cukup tinggi dan ini sangat baik untuk mengatasi mual.

    Labu sangat baik karena kaya akan asam folat. Bila kebutuhan asam folat tidak terpenuhi, hal tersebut dapat menimbulkan beberapa risiko bagi janin.

  3. Jahe

    Salah satu manfaat jahe untuk ibu hamil adalah untuk mengatasi mual dan muntah akibat morning sickness. Aroma jahe yang kuat berasal dari minyak atsiri yang dihasilkan oleh jahe. Senyawa gingerol pada jahe juga bisa membuat suasana hati ibu hamil menjadi lebih baik. Selain itu, jahe juga membantu mengatasi masuk angin pada ibu hamil.

  4. Pisang

    Pisang adalah buah yang sangat baik untuk mengatasi anemia pada ibu hamil. Anemia menjadi salah satu masalah yang bisa membuat ibu hamil semakin lemah setelah mual dan muntah-muntah.

    Pisang juga mengandung nutrisi lain seperti zat besi, kalsium, kalium dan magnesium yang sangat tinggi. Semua mineral ini akan berfungsi untuk mencegah rasa mual dan muntah yang berlebihan. Untuk mengatasi mual berlebihan maka ibu hamil bisa makan buah pisang setelah makan pagi. Pastikan Anda membatasi porsi awal agar perut tidak terlalu kenyang.

  5. Kentang

    Kentang adalah jenis makanan yang kaya akan karbohidrat. Makan kentang setiap pagi sebagai sarapan juga sangat baik untuk menjaga agar tingkat gula darah terus stabil sepanjang hari. Kentang akan menjadi makanan yang memasok energi penuh sehingga ibu hamil tetap produktif sepanjang hari.

Jadi, itulah beberapa makanan-makanan terbaik untuk trimester pertama kehamilan. Anda bisa mencobanya sebagai variasi menu harian. Makanan lain yang juga penting untuk awal kehamilan adalah makanan yang mengandung asam folat seperti telur dan jeruk, makanan yang kaya akan vitamin B6 seperti salmon dan kacang-kacangan, serta sayuran berdaun hijau yang kaya akan zat besi.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar