Sukses

Awas, Bahaya Sering Mengucek Mata!

Apakah Anda punya hobi mengucek mata? Ini akibatnya jika Anda terlalu sering mengucek mata!

Klikdokter.com, Jakarta Mengucek mata pasti pernah dilakukan semua orang. Anda salah satunya, bukan? Meski terkesan tindakan sepele, ternyata mengucek mata bisa mendatangkan dampak buruk tertentu bagi kesehatan!

Juru bicara Royal Australian College of General Practitioners, Dr. Marita Long menyebutkan bahwa kebiasaan mengucek mata dapat meningkatkan risiko paparan virus atau bakteri berbahaya.

“Jika Anda menyentuh tubuh orang lain atau benda, maka virus atau bakteri bisa terdapat di dalamnya. Kemudian Anda mengucek mata. Mata mungkin terinfeksi. Infeksi virus di mata menyebabkan konjungtivitis (peradangan pada selaput bening mata),” katanya, seperti dilansir liputan6.com

Meski begitu, bukan berarti Anda tidak boleh mengucek mata sama sekali. Profesor Charles McMonnies dari Optometry and Vision Science di University of NSW mengungkapkan bahwa mengucek mata secara lembut sesekali adalah tindakan yang diperbolehkan.

Hal itu karena mengucek mata dapat merangsang keluarnya air mata, memberikan pelumas pada mata yang kering, dan menghilangkan debu maupun iritasi lainnya. Tindakan ini juga dipercaya dapat mengurangi stres karena merangsang saraf vagus--yang memperlambat denyut jantung.

Namun, profesor McMonnies menegaskan bahwa mengucek mata tidak boleh dilakukan terlalu keras dan dalam jangka panjang. Sebab hal ini dapat menimbulkan masalah, karena mata akan mengalami peningkatan gesekan dan tekanan, yang ujung-ujungnya membahayakan kondisi kornea.

McMonnies menyarankan, orang-orang dengan penyakit miopa progresif dan glaukoma harus menghindari kebiasaan mengucek mata. Bagi penderita miopia progresif, mengucek mata bisa membuat penglihatan semakin memburuk. Sedangkan pada penderita glaukoma, tekanan akibat mengucek mata dapat mengganggu aliran darah di bagian belakang mata dan meningkatkan risiko kerusakan saraf.

Tidak hanya pada penderita penyakit mata tertentu, ternyata mengucek mata di pagi hari juga sebaiknya tidak dilakukan. Sebab kebiasaan tersebut meningkatkan risiko kerusakan kornea, dimana pada saat tidur kornea sedang dalam kondisi ‘bengkak’ akibat kadar oksigen yang rendah.

Setelah mengetahui fakta seputar mengucek mata, sebaiknya Anda lebih waspada. Jika Anda menemukan kelainan tertentu pada mata, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis mata.
Baca artikel serupa di sini

[NB/ RVS}

0 Komentar

Belum ada komentar