Sukses

Trik Mengurangi Gula saat Diet

Gula adalah musuh besar ketika berdiet. Lalu, bagaimana caranya agar godaan gula dapat disingkirkan?

Klikdokter.com, Jakarta Diet gula dapat menjadi pilihan yang tepat untuk menurunkan berat badan. Banyak penelitian mengungkapkan, pengurangan konsumsi gula dapat memengaruhi penurunan berat badan seseorang. Namun, ada kalanya godaan gula tidak dapat dibendung apalagi bagi mereka yang sudah “kecanduan” gula.

Berikut ini beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk menurunkan konsumsi gula harian Anda:

  1. Pahami label makanan

    Gula tambahan tidak hanya datang dari permen dan kue. Tahukah Anda bahwa dalam saus, kerupuk, bahkan salad dapat pula terkandung gula? Membaca label makanan, untuk mengetahui kandungan nutrisi yang terdapat di dalam makanan, adalah cara termudah untuk mendapatkan makanan yang sehat.

    Banyak makanan dan minuman ringan yang berlabel diet, tetapi sering kali makanan dan minuman tersebut diproduksi dengan menggunakan pemanis buatan yang efeknya malah lebih buruk untuk kesehatan.

  2. Jangan menunda makan

    Anda harus bisa membedakan mana rasa lapar yang sesungguhnya dan rasa lapar yang dipicu oleh keinginan semata. Saat Anda lapar, segera cari atau membuat makanan yang bergizi untuk menghilangkan rasa lapar.

    Jika menunda-nunda makan, Anda akan cenderung makan dalam porsi berlebih dan memilih makanan yang tidak sehat di waktu makan selanjutnya. Tak ada waktu untuk memikirkan sesuatu dua kali ketika perut bergejolak minta diberi makan, bukan?

    Bila Anda memang hanya ingin mengudap, pilihlah buah-buahan segar ketimbang kue cokelat atau permen-permen manis.

  3. Olahraga

    Pada saat Anda menginginkan makanan manis, hilangkan keinginan tersebut dengan berjalan kaki atau berlari. Ketika olahraga tubuh akan menghasilkan endorfin, senyawa kimia yang memicu kebahagiaan. Dengan demikian, keinginan Anda akan makanan manis akan tertekan.

    Bila cuaca tidak memungkinkan untuk keluar rumah, Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jump squat, push-up, atau aktivitas fisik lainnya.

Selain membantu menurunkan berat badan, diet gula juga mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes melitus. Bila diterapkan dalam jangka panjang, diet gula tentunya dapat membawa perubahan besar bagi kesehatan Anda. Jadi, bijaklah dalam mengonsumsi gula.
Baca artikel serupa di sini.  

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar