Sukses

Kapan Alat Cukur Harus Diganti?

Alat cukur perlu diganti secara rutin supaya tetap higienis dan baik untuk tubuh.

Klikdokter.com, Jakarta Mencukur merupakan solusi mudah untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan pada bagian tubuh tertentu. Bagi sebagian orang, mencukur bahkan dilakukan setiap hari. Oleh karena itu, alat cukur yang digunakan perlu diperhatikan higienitasnya dan diganti secara teratur.

Kebanyakan ahli menyarankan untuk mengganti alat cukur setelah penggunaan lima hingga tujuh kali. Bagi Anda yang jarang bercukur, alat ukur sebaiknya digunakan selama sebulan. Alasannya, alat cukur yang lama tidak diganti dapat menjadi sarang tumbuhnya bakteri.

Bakteri ini dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan. Pertumbuhan bakteri pada alat cukur dapat meningkatkan resiko infeksi. Mencukur sendiri dapat menimbulkan luka pada permukaan kullt. Jika kebersihan alat cukur tidak terjaga, maka bakteri akan mudah masuk ke dalam tubuh. Alat cukur yang lama tidak diganti juga berpotensi membuat kulit tidak halus dan menimbulkan benjolan kecil pada kulit.

Jika Anda tidak yakin kapan perlu mengganti alat cukur, ada beberapa tanda yang menunjukkan alat cukur sudah waktunya diganti. Alat cukur yang berkarat harus segera diganti. Begitu juga dengan alat cukur yang tumpul atau menimbulkan tarikan/goresan pada kulit sebaiknya segera diganti.

Penyimpanan alat cukur juga penting untuk diperhatikan. Selama ini, kebanyakan orang menyimpan alat cukur di kamar mandi untuk alasan kepraktisan. Padahal udara kamar mandi yang lembap memudahkan timbulnya karat pada alat cukur. Jadi, Anda sebaiknya menyimpan alat cukur di tempat kering, dengan pisau cukur menghadap ke atas.

Dengan memperhatikan kebersihan alat cukur dan rutin menggantinya, Anda dapat mengurangi pertumbuhan bakteri yang berpotensi merugikan tubuh. Alat cukur yang bersih dan tajam membantu Anda memperoleh hasil cukur yang sempurna.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar