Sukses

Agar Tak Dibohongi Lawan Bicara Anda, Kenali Tandanya

Inilah sejumlah kiat agar Anda tidak dibohongi lawan bicara Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Dalamnya laut dapat diukur, dalamnya hati siapa tahu. Peribahasa itu sepertinya dapat dijadikan dasar untuk mawas diri saat berhadapan dengan seseorang. Terlebih jika Anda tidak ingin dibohongi orang lain.

Menghadapi orang yang suka mengatakan kebohongan memang menyebalkan. Perhatikan beberapa tanda di bawah ini untuk mengetahui apakah lawan bicara Anda berbicara jujur atau sedang berbohong:

  1. Perhatikan gerakan tubuh

    Anda dapat mengetahui ciri orang yang sedang berbohong dengan memerhatikan bahasa tubuhnya. Dikutip dari liputan6.com, seseorang yang tengah berbohong biasanya cenderung membungkukkan tubuhnya selama berbicara dengan Anda.

    Hal tersebut dilakukan karena secara tidak sadar orang yang berbohong akan berusaha melindungi tubuhnya. Sebaliknya, jika lawan bicara menunjukkan sikap percaya diri selama percakapan, berarti dia tidak sedang berbohong.

    "Semakin seseorang membiarkan tubuh mereka terbuka, semakin besar kemungkinannya bahwa mereka jujur," kata psikolog John Paul Garrison seperti dilansir Independent.

  2. Gestur yang tak perlu

    Pembohong akan melakukan banyak gestur atau gerakan tubuh yang tidak perlu dilakukan untuk menutupi kebohongannya. Namun tak jarang orang yang berbohong justru terlihat terlalu tenang selama percakapan. Hal itu biasanya dilakukan untuk mengelabui dan membuat Anda yakin atas apa yang disampaikannya.

    Kemungkinan lain, orang yang tengah berbohong justru melakukan gerakan secara hati-hati agar Anda tidak curiga seperti memegang tangan, duduk diam, berbicara perlahan, dan menjaga agar gerakan wajah yang dilakukan tidak terlalu banyak.

  3. Cara menggelengkan kepala

    Seorang mantan anggota CIA mempraktikkan salah satu cara mengetahui seseorang sedang berbohong dengan melihat gelengan kepala. Bila seseorang berkata "iya" namun menggelengkan kepala, bisa jadi dia sedang berdusta.

    Selain itu, orang yang sedang berbohong akan mengeluarkan kalimat-kalimat dan ucapan yang tidak konsisten. Orang yang sedang berbohong pada sebisa mungkin akan menghindari kontak mata dengan lawan bicaranya.

    Menghindari kontak mata adalah salah satu tanda non-verbal pertama dari orang yang berbohong. Kontak mata adalah sesuatu yang bersifat pribadi dan intim.

  4. Lihat respon

    Jika tidak terlalu yakin dengan apa yang disampaikan oleh lawan bicara, Anda bisa mengujinya dengan sikap mempertanyakan apa yang dia sampaikan. Kemudian lihat responnya.

    Seseorang yang berbohong biasanya akan dengan cepat menjawab rasa tidak percaya Anda, dan memiliki sejumlah alasan untuk berkelit. Namun, jika dia berkata jujur, biasanya akan merasa tersinggung jika Anda meragukan ucapannya.

Dengan memperhatikan tanda-tanda di atas, Anda dapat mengetahui apakah lawan bicara Anda jujur atau sedang berbohong. Dengan begitu Anda tidak mudah percaya mengenai informasi yang belum jelas kebenarannya.

Baca artikel lainnya di sini

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar