Sukses

Cangkir Berbahan Tembaga Bisa Picu Penyakit?

Cangkir berbahan tembaga dinyatakan memiliki dampak berbahaya bagi tubuh.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah menggunakan cangkir untuk minum. Cangkir yang biasa digunakan umumnya terbuat dari kaca, porselen, atau plastik. Belakangan marak beredar cangkir yang terbuat dari tembaga. Pertanyaannya: apakah cangkir berbahan tembaga layak digunakan?
Menurut sebuah buletin yang diterbitkan oleh Iowa Alcoholic Beverages Division, terdapat risiko penyakit yang terbawa saat tembaga

bersentuhan langsung dengan makanan atau minuman.

“Iowa, serta banyak negara bagian lainnya, telah mengadopsi kode makanan dan obat-obatan, yang melarang tembaga untuk bersentuhan langsung dengan makanan yang memiliki pH di bawah 6.0,” tulis buletin tersebut.

Buletin tersebut mengungkapkan, beberapa makanan atau minuman yang memiliki pengaruh itu, antara lain cuka, jus buah, dan anggur.

Karena tembaga berkaitan erat dengan semua yang bersifat asam, hal yang perlu diwaspadai adalah kandungan lembaga ternyata bisa ikut terlarut.

Hal senada juga disampaikan oleh National Institutes of Health (NIH), Amerika Serikat. Mereka memaparkan gejala keracunan makanan dari tembaga meliputi sakit perut, diare, muntah, dan kulit yang menguning atau penyakit kuning.

Meskipun paparan tembaga tidak menyebabkan keracunan secara langsung, tetapi terpapar untuk waktu yang lama dapat memicu keracunan. “Masalah kesehatan serius dari paparan tembaga jangka panjang bisa terjadi. Keracunan parah dapat mengakibatkan gagal hati dan kematian,” kata juru bicara NIH.

Walau memiliki dampak negatif, tak semua cangkir tembaga berbahaya. Jika cangkirnya sudah dilapisi logam, seperti nikel atau stainless steel, berarti aman untuk digunakan.

Sampai saat ini pun, belum ada bukti ilmiah yang menyatakan bahwa meminum dari cangkir tembaga dapat menimbulkan gangguan kesehatan, tetapi juga tidak memiliki manfaat yang signifikan.

Jadi, jika Anda sering menggunakan cangkir dari tembaga, hal ini adalah sesuatu yang tidak perlu dikhawatirkan terutama jika sudah dilapisi stainless steel.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar