Diet dan Nutrisi

Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

dr. Karin Wiradarma, 11 Agt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Selain makanan berlemak, manis dan gorengan, mengonsumsi sayuran dalam jumlah berlebihan ternyata juga berisiko bagi kesehatan Anda.

Sayuran yang Tidak Boleh Dikonsumsi Berlebihan

Tidak dapat dipungkiri, sayuran merupakan makanan sehat yang sering dianjurkan oleh para pakar kesehatan untuk dikonsumsi. Berbagai penelitian telah menunjukkan banyak sekali manfaat dari konsumsi sayuran, seperti memperlancar pencernaan dan buang air besar dan membantu diet dalam menurunkan berat badan.

Selain itu, konsumsi sayuran dalam jumlah yang tepat juga diketahui dapat menurunkan risiko berbagai penyakit, seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, kanker usus besar. Kendati demikian, jika dikonsumsi berlebihan sayuran dapat menjadi buah simalakama bagi kesehatan Anda.

Jadi, sayuran apa yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan? Berikut penjelasannya:

1. Tomat

Tomat adalah sayuran yang bersifat asam, sehingga jika dikonsumsi terlalu banyak atau dikonsumsi berbarengan dengan makanan lain yang bersifat asam, seperti jeruk, lemon, dan lainnya dapat menimbulkan sakit mag.Tidak hanya itu, konsumsi tomat berlebihan dapat meningkatkan risiko kembalinya asam lambung – dari lambung ke kerongkongan – atau disebut juga dengan refux atau GERD. GERD memberikan gejala seperti rasa nyeri atau panas di dada serta sesak napas.

2. Bayam

Bayam memang mengandung zat besi, lutein, dan karotenoid yang bermanfaat untuk mencegah anemia dan membantu menjaga kesehatan mata. Meski demikian, konsumsi bayam yang berlebihan ternyata tidak baik pasalnya mengandung tinggi oksalat, zat yang jika dikonsumsi secara berlebihan dapat mengkristal menjadi batu ginjal.

3. Brokoli

Brokoli diketahui merupakan sayuran dengan banyak manfaat, termasuk menurunkan risiko kanker. Meskipun demikian, terlalu banyak mengonsumsi brokoli terlebih dibarengi dengan sayuran lainnya seperti kol dapat membuat perut Anda kembung dan begah.

4. Wortel

Wortel kaya akan vitamin A yang baik untuk mata dan kulit. Namun jika setiap hari mengonsumsi wortel dalam jumlah banyak, kulit Anda dapat berubah warna menjadi oranye. Meskipun demikian, warna kulit Anda dapat kembali seperti semula setelah mengurangi jumlah wortel yang Anda konsumsi.

Mengonsumsi sayuran dalam porsi yang sewajarnya akan mendatangkan sejuta manfaat bagi kesehatan tubuh. Karena itu, selalu masukkan sayuran dalam menu harian Anda ya.

[DA/ RVS]

SayuranKesehatanKonsumsi Sayuran Berlebihan

Konsultasi Dokter Terkait