Diet dan Nutrisi

Bolehkah Makan Tomat saat Perut Kosong? Ini Faktanya

dr. Valda Garcia, 02 Jan 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Ada yang bilang bahwa tomat tak boleh dimakan saat perut kosong. Berikut ini adalah fakta medisnya.

Bolehkah Makan Tomat saat Perut Kosong? Ini Faktanya

Buah tomat biasa digunakan sebagai pelengkap masakan ataupun diolah sebagai jus. Buah berwarna merah pekat bercita rasa asam dan segar ini juga dikonsumsi secara langsung, lho.

Terlebih, tomat mentah memiliki manfaat kesehatan yang lebih banyak daripada tomat yang diolah. Tomat mentah mengandung berbagai antioksidan, vitamin, mineral, serta senyawa antiradang yang diyakini bermanfaat untuk mengurangi risiko stroke, diabetes, maupun kanker.

Saat tomat dimasak, kandungan nutrisi tersebut masih ada, tetapi jumlahnya tidak banyak. Nah, untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari tomat, buah ini dianjurkan untuk dikonsumsi setidaknya tiga kali dalam seminggu.

Mungkin kamu terbesit untuk makan tomat di pagi hari sebelum sarapan. Sebenarnya boleh enggak sih makan tomat saat perut kosong?

Tomat Boleh Dimakan saat Perut Kosong

Segudang Manfaat Buah Tomat untuk Ibu Hamil

Makan tomat sebenarnya dapat dilakukan kapan saja. Saat perut kosong pun tomat boleh dikonsumsi. Bahkan, tomat adalah salah satu alternatif menu sarapan yang baik karena mengenyangkan, kaya nutrisi, dan rendah kalori.

Tomat memiliki kandungan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsi makanan tinggi serat seperti tomat bisa bikin kamu merasakan kenyang lebih lama. 

Nutrisi dalam tomat juga dapat membantu memenuhi kebutuhan gizi harian. Selain itu, tomat mengandung air yang cukup banyak sehingga dapat memenuhi kebutuhan cairan dan membantu mencegah dehidrasi.

Tetap Waspadai Asam Lambung

Penyebab Asam Lambung Sering Kambuh (Foto: Shutterstock)

Sayangnya, tidak semua orang boleh makan tomat mentah ataupun minum jus tomat saat perut kosong. Penderita asam lambung dan gangguan lambung lainnya sebaiknya mengonsumsi tomat setelah perut terisi makanan.

Pasalnya, sifat asam tomat dapat menimbulkan rasa tidak nyaman di ulu hati penderita gangguan lambung Meski begitu, efek peningkatan asam lambung setelah konsumsi tomat biasanya tidak terlalu tinggi dibandingkan jenis makanan bersifat asam lainnya.

Artikel lainnya: Perhatian! Jangan Pernah Simpan Tomat di Kulkas!

Karena itu, jika kamu menderita masalah lambung, sangat disarankan untuk mengombinasikan tomat dengan makanan lain agar tidak memicu peningkatan asam lambung. 

Makan tomat sebelum sarapan boleh-boleh saja, asalkan kamu tidak memiliki riwayat gangguan lambung dan pencernaan. Untuk menghindari bahaya makan tomat saat perut kosong, pengidap asam lambung ataupun mag sebaiknya mengonsumsi makanan lain terlebih dahulu.

Kebiasaan makan tomat pun bisa kamu lakukan secara rutin untuk mendukung #JagaSehatmu. Jika kamu memiliki pertanyaan lain seputar nutrisi makanan lainnya, konsultasikan lewat layanan Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter.

(ADT/JKT)

tomatPenyakit Asam Lambung

Konsultasi Dokter Terkait