Sukses

Bulu Hidung Lebih Cepat Beruban Ketimbang Rambut

Uban merupakan proses alami yang terjadi pada manusia. Benarkah bulu hidung lebih cepat beruban ketimbang rambut lainnya?

Klikdokter.com, Jakarta Dikutip dari Liputan6com, sebuah studi menunjukkan bahwa rambut di tubuh yang pertama kali mengalami perubahan warna adalah bulu hidung. Setelah bulu hidung, bagian rambut lain biasanya akan ikut berubah putih mulai dari rambut kepala, jenggot dan alis.

Umumnya rambut akan mulai berubah menjadi uban saat seseorang memasuki usia 30. Namun, ternyata perubahan rambut berwarna putih terkadang bisa terjadi lebih cepat dari itu.

Penyebab rambut berubah menjadi uban di usia remaja bukanlah satu pemandangan yang sangat aneh. Terlebih jika orangtua Anda memiliki kecenderungan yang sama.

Hal ini menjadi aneh, jika Anda menjadi orang yang paling cepat beruban dalam keluarga. Semua itu, bisa jadi ada faktor lingkungan dan gaya hidup yang memengaruhinya.

Menurut seorang ahli dermatologi bersertifikat dewan dan direktur Dermatologi Premier di San Francisco, Marie Jhin, MD mengatakan 4 hal di bawah ini ternyata bisa menjadi pemicu yang mempercepat rambut berubah menjadi uban. Berikut penjelasannya:

  1. Terlalu banyak pikiran

    Saat Anda terlalu banyak pikiran dan dalam kondisi super stres, rambut-rambut di bagian tubuh Anda akan semakin cepat berubah menjadi uban. Meski beberapa ahli masih memperdebatkan hubungan antara stres dengan berubahnya rambut menjadi uban, namun ada beberapa penelitian yang telah membuktikan.

    Salah satunya adalah penelitian yang dilakukan New York University pada tahun 2013 yang diterbitkan di Nature Medicine. Penelitian itu menemukan bahwa stres dapat menyebabkan penipisan sel induk dari dasar folikel rambut.

  2. Kondisi kesehatan

    Dalam beberapa kasus, perubahan warna rambut menjadi putih meski dalam usia muda bisa juga disebabkan oleh kondisi kesehatan Anda seperti penyakit tiroid atau masalah dengan kelenjar pituitari. Penyakit autoimun yang menyerang kulit dan rambut, seperti alopecia atau vitiligo, juga bisa menyebabkan rambut berubah menjadi putih.

  3. Kurang vitamin

    Rambut uban pada usia muda bisa jadi tanda bahwa Anda kekurangan vitamin B12. Menurut Dr. Jhin, kekurangan vitamin B12 dapat terjadi karena beberapa faktor dan kebiasaan sehari-hari Anda.

  4. Merokok

    Kebiasaan Anda merokok bisa sangat mempengaruhi kulit dan rambut. Faktanya, penelitian menunjukkan hubungan antara merokok dan rambut berubah menjadi uban sebelum usia 30 tahun.

Nah, tak perlu khawatir apabila bulu hidung Anda cepat beruban. Namun, perlu Anda ingat, tidak disarankan untuk mencabut bulu hidung karena dapat berisiko pada kesehatan salah satunya radang otak.

Baca artikel bertema sejenis di sini

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar