Sukses

Mana yang Lebih Efektf untuk Diet, Teh Hijau atau Teh Putih?

Teh hijau dan teh putih dianggap efektif untuk turunkan berat badan. Namun mana yang lebih efektif di antara keduanya?

Klikdokter.com, Jakarta Minum teh kini telah menjadi gaya hidup. Beragam kedai teh juga semakin menjamur di pasaran. Teh memang memiliki rasa yang enak. Selain itu, teh memiliki bermacam-macam manfaat untuk tubuh. Secara khusus, teh hijau dan teh putih dipercaya efektif untuk diet. Namun mana yang lebih baik di antara keduanya?

Teh hijau atau green tea merupakan salah satu jenis teh yang cukup populer di Indonesia. Sama seperti teh putih, teh hijau juga tidak melalui proses oksidasi dalam produksinya. Jika diseduh dengan suhu yang rendah dan waktu singkat, teh hijau mengandung kadar kafein yang lebih rendah (10 - 30% dari kopi).

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di Journal of the American College of Nutrition, partisipan studi yang minum 4 gelas teh hijau setiap hari, selama 2 bulan, dapat menurunkan berat badan 2.7 kg lebih banyak dibandingkan dengan partisipan yang hanya minum air putih.

Sedangkan teh putih atau white tea memiliki rasa alami yang unik dan sedikit manis. Teh ini berbeda dengan jenis teh lainnya dalam metode pemrosesan. Metodenya yaitu daun teh yang masih kuncup dipetik, lalu dikeringkan dalam temperatur yang rendah. Kuncup daun teh tersebut juga tidak melalui proses oksidasi.

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Nutrition and Metabolism menyebutkan, minum teh putih secara rutin dapat menekan nafsu makan dan meningkatkan metabolisme. Jadi, mana yang lebih efektif untuk diet, teh hijau atau teh putih?

Sebetulnya tidak ada perbedaan yang terlalu bermakna dalam menurunkan berat badan antara teh hijau dan teh putih. Yang terpenting dalam menurunkan berat badan yaitu Anda harus menjaga pola makan dan berolahraga secara teratur. Percuma saja jika Anda minum bergelas-gelas teh hijau dan teh putih, tetapi tidak mengimbanginya dengan gaya hidup sehat.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar