Sukses

Solusi Terbaik Atasi Alergi Bawang Putih

Bawang putih kerap dijadikan bumbu pada berbagai masakan. Bagaimana solusi bagi yang alergi pada bumbu dapur ini?

Klikdokter.com, Jakarta Kurang sedap rasanya jika memasak tanpa menggunakan bawang putih. Aromanya yang harum dan khas pun sangat ampuh menggugah selera makan.

Bawang putih sendiri telah dikenal masyarakat sejak ribuan tahun sebagai bumbu penyedap dan obat. Kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan membuat bawang putih berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, serta dapat menurunkan risiko penyakit jantung, kanker lambung, dan kanker usus besar.

Namun tahukah Anda, ternyata beberapa orang memiliki alergi terhadap bawang putih. Kasus seperti ini memang tergolong langka.

Alergi bawang putih terjadi ketika sistem kekebalan tubuh kita salah mengenali bawang putih sebagai zat asing yang dapat membahayakan tubuh. Kebanyakan dari mereka akan mengalami reaksi alergi jika mengonsumsi bawang putih mentah.

Reaksi alergi bawang putih dapat timbul dengan segera hingga dua jam setelah mengonsumsi atau berkontak dengan bawang putih. Gejala alergi bawang putih beragam mulai dari yang ringan hingga yang berat dan fatal.

Gejala alergi bawang putih dapat timbul pada kulit, berupa biduran dan ruam merah gatal. Sementara itu, gejala di sistem pernapasan dapat berupa hidung tersumbat, gatal, bersin-bersin, dan asma.

Lain halnya dengan gejala di pencernaan yang dapat berupa mual, muntah, kram perut, dan diare. Gejala alergi terparah adalah reaksi anafilaksis, di mana penderitanya mengalami penurunan tekanan darah, pingsan, hingga berakibat fatal.

Kenali dan atasi jika Anda atau keluarga menderita alergi terhadap bawang putih, hindarilah mengonsumsi dan bersentuhan dengan bumbu dapur tersebut. Untuk memastikannya, Anda dapat berkonsultasi kepada dokter. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati!

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar