Sukses

Cara Mudah untuk Hilangkan Memar

Selain bikin nyeri, memar juga bisa ganggu penampilan. Begini cara mudah untuk menghilangkannya dari tubuh Anda!

Klikdokter.com, Jakarta Memar adalah keadaan pecahnya pembuluh darah kecil yang letaknya dekat kulit. Darah yang keluar dari pembuluh darah tersebut akan berkumpul di bawah kulit, sehingga menimbulkan tanda hitam atau biru di permukaan kulit.

Biasanya memar muncul saat terkena trauma atau benturan. Namun, ada juga beberapa penyakit yang memiliki gejala memar tanpa didahului oleh trauma ataupun benturan.

Salah satunya ITP (idiopatik trombositopenia purpura), penyakit autoimun yang dapat menurunkan jumlah trombosit tanpa sebab yang diketahui. Umumnya memar karena kondisi ini ditandai dengan gejala lain, seperti sering mimisan atau gusi berdarah.

Awalnya, memar berwarna merah segar. Kemudian akan berubah menjadi biru atau ungu gelap dalam beberapa jam, lalu kuning atau hijau setelah beberapa hari saat akan menjadi warna kulit normal. Hal ini terjadi karena darah yang keluar akan terserap secara otomatis dalam tubuh.

Sedangkan memar karena terbentur memang tidak membahayakan. Hanya saja terkadang bikin nyeri dan mengganggu penampilan Anda. Namun, Anda tak perlu khawatir karena sebenarnya memar dapat diatasi sendiri di rumah.

Hilangkan Memar dengan RICE

Anda dapat menangani memar dengan metode RICE. Singkatan dari Rest, Ice, Compression, dan Elevate.

  • Rest. Istirahatkan bagian tubuh Anda yang memar terutama jika memar sangat luas. Boleh digerakkan asal jangan terlalu berlebihan.

  • Ice. Kompres dengan es atau air dingin. Es akan mengurangi rasa nyeri dan pembengkakan yang terjadi. Kompres selama 10–20 menit sebanyak 3 atau 4 kali sehari, terutama 72 jam pertama. Setelah 72 jam dari kejadian, bisa Anda kompres kembali tetapi dengan air yang hangat.

  • Compression. Memberikan tekanan dengan membungkus bengkak dengan perban elastis. Pembengkakan ini akan berkurang dengan pemakaian perban tersebut. Namun ingat, ini hanya boleh dilakukan jika memar tersebut sangat luas serta terletak di bagian ekstremitas (tangan atau kaki).

  • Elevate. Naikkan kaki sehingga letaknya lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi pembengkakan. Cara ini dilakukan jika anggota tubuh yang memar adalah bagian ektremitas, khususnya kaki.

Jadi, bila memar yang Anda alami adalah memar ringan yang berada pada tubuh, cukup lakukan Rest dan Ice. Jika memar tidak hilang dalam 2 minggu, bahkan bertambah luas dan nyeri, segeralah periksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

[RS/ RH]

1 Komentar

  • Vanesa Putri

    dok tulang ekor sakit saat duduk apalagi saat naik motor knp ya. mohon penjelasannya. klo kedokter saya hrs kespesialis apa ato dokter umum