Sukses

Tangkal Kanker dengan Sayuran Pahit, Mitos atau Fakta?

Sayuran pahir dipercaya mampu menangkal penyakit kanker. Benarkah?

Klikdokter.com, Jakarta Sayuran dengan cita rasa pahit kerap dihindari masyarakat dalam pemilihan menu makanan sehari-hari. Pasalnya rasanya yang pahit dianggap kurang nikmat dan bisa merusak rasa keseluruhan makanan yang sedang disantap.

Lalu apa hubungan antara sayur dengan cita rasa pahit dan kanker? Pertama-tama, Anda harus terlebih dahulu mengenali kanker dengan lebih baik.

Sampai saat ini, tidak ada satu ahli pun yang dapat memastikan penyebab tunggal terjadinya kanker. Kendati demikian, selain pola hidup yang tidak sehat dan genetik, kehadiran radikal bebas dipercaya memegang peranan penting dalam meningkatkan risiko kanker di kemudian hari.

Bahayanya, radikal bebas ini dapat muncul tanpa pernah disadari. Mulai dari lingkungan yang terkontaminasi, gaya hidup, merokok, serta tekanan psikis seperti stres dan kurang istirahat.

Untuk menangkal aktivitas radikal bebas ini, tubuh memerlukan antioksidan dalam jumlah yang cukup. Sudah bukan rahasia lagi bahwa sayuran dan buah adalah dua contoh bahan makanan yang kandungan antioksidannya tidak main-main.

Di antara seluruh jenis sayuran yang ada, ternyata sayuran yang memiliki cita rasa pahit terbukti memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Contoh sayuran jenis ini adalah brokoli, kale dan brussel sprout.

Manfaat yang terkandung di dalamnya sangat berperan dalam menjaga kesehatan. Selain itu juga diyakini turut membantu menurunkan risiko kanker pada tubuh seseorang.

Untuk menjaga keutuhan kandungan antioksidan dalam sayuran ini, teknik pengolahan penting untuk diperhatikan. Hindari mengolah sayur dengan menggoreng karena akan mengurangi kandungan alaminya.

Sebenarnya, konsumsi dalam bentuk mentah merupakan cara terbaik dalam mendapatkan manfaat optimal makanan. Namun tidak semua orang dapat menikmatinya karena rasa pahit tersebut.

Nah, sesekali Anda bisa memasukkan sayuran pahit ke dalam menu makanan harian. Selain baik untuk kesehatan secara keseluruhan, jenis sayuran yang satu ini juga bermanfaat untuk menangkal risiko kanker di masa mendatang. Selamat mencoba.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar