Sukses

Lakukan Hal Ini Agar Terbiasa Bangun Pagi

Menerapkan beberapa hal ini dijamin Anda mudah bangun pagi.

Klikdokter.com, Jakarta Kebanyakan untuk memudahkan bangun di pagi hari seseorang mengandalkan alarm. Namun sering kali saat alarm berbunyi, sebagian orang justru mematikannya dan kembali tidur.

Karena itu, agar dapat bangun pagi dan memulai aktivitas tidak dengan terburu-buru, lakukan hal-hal berikut untuk membantu mengatasi semua itu:

  1. Mendengarkan musik

    Selain dapat menenangkan pikiran, musik juga dapat membangkitkan semangat. Berdasarkan jurnal Ergonomics, terdapat penelitian yang menyebutkan bahwa orang yang berlari di treadmill dengan mendengarkan musik dapat berlari lebih cepat dibanding yang tidak.

  2. Terpapar cahaya

    Melatonin merupakan hormon yang diproduksi otak sebagai kunci menuju keteraturan tidur sesuai jam. Saat kondisi gelap, tubuh memproduksi melatonin untuk membuat mengantuk, dan saat terang produksi melatonin menurun.

    Jadi, agar Anda bisa segera bangun pagi dan tidak tidur lagi, carilah cahaya. Atau pastikan ada cahaya yang masuk ke kamar saat pagi datang untuk mengurangi produksi melatonin.

  3. Minum air putih

    Meminum air putih dalam jumlah yang cukup mampu menjaga tubuh kita dari rasa kantuk. Ketika kita dehidrasi, jantung akan memompa lebih keras, dan hal ini menyebabkan Anda lebih cepat kelelahan. Ketika kita tidur tubuh akan berkeringat dan bisa membuat tubuh kekurangan air sehingga dehidrasi.

  4. Sarapan pagi

    Sarapan pagi dapat membuat konsentrasi meningkat. Pilihlah sarapan yang banyak mengandung serat dan karbohidrat agar konsentrasi dapat bertahan lama. Sarapan pagi membuat aktivitas Anda sepanjang hari dapat berjalan dengan baik.

  5. Mandi air dingin

    Penelitian menunjukkan, mandi air dingin dapat mengaktifkan bagian otak tertentu yang bertugas untuk kewaspadaan. Penelitian lain juga menemukan, air dingin bisa meningkatkan metabolisme.

  6. Jam tidur yang cukup

    Mengatur jam tidur yang cukup adalah kunci utama agar bangun pagi Anda tidak dibebani oleh rasa kantuk. Usahakan tidur minimal 6 jam per hari. Tidur yang cukup juga dapat mengurangi stres dan cemas. 

Itulah beberapa cara terbaik yang bisa Anda terapkan agar bangun pagi dapat dilakukan dengan mudah. Tidur yang cukup di malam hari juga dapat membantu Anda untuk bangun pagi. Baca artikel serupa di sini

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar