Sukses

5 Manfaat Kesehatan yang Didapatkan dari Rutin Makan Telur

Apa saja manfaat kesehatan yang didapatkan jika rutin mengonsumsi dua butir telur dalam sehari?

Klikdokter.com, Jakarta Bukan rahasia lagi bahwa telur memiliki segudang manfaat bagi tubuh, sebab telur memiliki kandungan gizi yang baik. Bila mengonsumsi dua butir telur setiap hari, Anda akan mendapatkan manfaat lebih seperti berikut ini:

  1. Baik untuk penglihatan

    Telur mengandung lutein yang berfungsi untuk mempertajam penglihatan. Dilansir dari situs Bright Side, mengonsumsi dua butir telur setiap hari dapat membantu merawat dan menjaga mata Anda. Zat tersebut juga dapat membuat penglihatan lebih jelas dan jernih.

    Sebaliknya, kekurangan zat yang satu ini disebut dapat menyebabkan perubahan destruktif pada jaringan mata, dan berperan dalam menurunkan daya penglihatan. Banyak mengkonsumsi telur juga dapat menghindari Anda dari penyakit katarak.

  2. Terhindar dari penyakit kardiovaskular

    Kardiovaskular adalah penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah. Sebuah penelitian menunjukkan, dengan mengonsumsi dua butir telur setiap hari dapat menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular.

    Penelitian tersebut menunjukkan, dengan porsi yang dianjurkan, kolesterol yang terdapat pada kuning telur tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh. Telur juga mengandung omega-3 yang mengurangi kadar trigliserida yang bermanfaat untuk menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

  3. Mencegah kanker payudara

    Kandungan kolin yang terdapat dalam telur tidak hanya bermanfaat bagi otak, nyatanya kolin juga dapat menurunkan risiko kanker. Menurut penelitian, wanita muda yang rutin mengkonsumi telur memiliki risiko kanker payudara lebih rendah hingga 18 persen dibandingkan dengan wanita yang tidak mengonsumsi telur. Memasukkan telur ke dalam menu diet sehat Anda bisa jadi ide yang layak untuk dicoba.

  4. Membantu menurunkan berat badan

    Menurut American Scientists, mengombinasikan menu sarapan Anda dengan dua butir telur dapat membantu menurunkan berat badan. Anda bisa memilih menu sarapan yang rendah kalori, kemudian mendapatkan kalori tambahan dari kuning telur.

    Dengan metode ini, Anda dapat menurunkan berat badan dua kali lebih cepat. Sarapan sehat yang dikombinasikan dengan telur juga dapat membuat perut cukup kenyang, sehingga mengurangi jumlah makanan yang Anda konsumi sepanjang hari.

  5. Awet muda

    Mengonsumsi telur juga dapat membuat Anda lebih awet muda. Hal tersebut dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh sekelompok ilmuwan asal Belanda.

Dalam penelitan itu, sebanyak 87 persen wanita berusia 35-40 tahun yang rutin mengonsumsi telur setiap hari memiliki bintik-bintik penuaan lebih sedikit. Selain itu, mengonsumsi telur juga mengangkat sel kulit mati pada wanita. Sementara pada pria, telur dapat menghilangkan keriput di sekitar mata.

Telur mengandung protein, vitamin A, vitamin D, vitamin B, folat, dan iodin. Hal tersebut yang menjadikan telur sangat bermanfaat bagi kesehatan. Lalu, berapa jumlah telur yang aman dikonsumsi dalam sehari?

Meski belum ada batasan maksimal yang pasti, tiga butir sehari masih dianggap aman untuk kesehatan seseorang. Anda tidak perlu takut dengan kandungan kolesterol yang terdapat dalam telur selama dikonsumsi dengan porsi yang wajar.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar