Sukses

Begini Caranya agar Tidur Siang Anda Efektif

Tidur siang dapat menjadi solusi untuk menyegarkan pikiran. Namun, bagaimana cara memastikan tidur siang Anda efektif?

Klikdokter.com, Jakarta Tidur siang dapat membantu menyegarkan pikiran sehingga Anda bisa melanjutkan aktivitas secara lebih produktif. Selain itu, penelitian terkini juga menunjukkan bahwa bila dilakukan dengan tepat, tidur siang dapat memiliki berbagai manfaat dan tidak mengganggu tidur malam. Namun, bagaimana cara agar tidur siang Anda efektif?

  1. Sesuaikan waktu tidur siang Anda

    Tidur siang yang paling ideal adalah sekitar 20 sampai 30 menit. Walaupun demikian, tidur siang singkat ini juga dikaitkan dengan beberapa manfaat. Hindari tidur siang yang lebih dari 1 jam karena dapat membuat Anda menjadi bingung dan grogi saat kembali terbangun, serta berpotensi mengganggu jam tidur malam.

  2. Cari tempat yang gelap, tenang, dan sejuk

    Dengan lokasi yang kondusif, tidur siang akan menjadi lebih mudah bagi Anda. Meredupkan cahaya dan menjauhkan diri dari bising dapat membantu Anda tertidur lebih cepat. Selain itu, udara yang sejuk juga membuat Anda semakin nyaman untuk beristirahat.

  3. Rencanakan tidur siang Anda

    Menunggu hingga rasa kantuk tak tertahankan lagi dapat terasa sangat tidak nyaman, bahkan berbahaya bila Anda melakukan kegiatan tertentu seperti menyetir. Waktu tidur siang yang teratur dan direncanakan dapat membuat tubuh terbiasa dengan rutinitas Anda, serta membantu untuk tertidur lebih cepat dan terbangun lebih mudah.

  4. Perhatikan jadwal konsumsi kafein Anda

    Secara umum, asupan kafein, baik dalam kopi maupun minuman lainnya, mempermudah seseorang untuk terjaga. Karena itu, waktu konsumsi kafein harus disesuaikan dengan jadwal tidur siang Anda agar tidak mengganggu kemudahan untuk tertidur.

Bila Anda merasa lebih produktif setelah tidur siang, berbahagialah. Hal ini dapat membuat performa Anda meningkat sehingga pekerjaan pun jadi terasa lebih mudah.

Selain itu, tidur siang yang dijadwalkan secara teratur dan tidak terlalu lama dapat membuat Anda lebih efisien, baik di tempat kerja maupun di rumah. Oleh karena itu, jika Anda merasa mengantuk pada siang hari, sisihkanlah waktu sejenak untuk tidur siang bila memungkinkan.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar