Sukses

Basmi Jerawat dengan Lemon

Salah satu bahan alami yang dipercaya dapat membantu menghilangkan jerawat adalah lemon.

Klikdokter.com, Jakarta Jerawat adalah masalah kulit yang disebabkan oleh bakteri C. Acne. Stres, lelah, dan haid juga dapat memicu timbulnya jerawat. Sebenarnya ada banyak cara yang dipercaya dapat menghilangkan jerawat di wajah, salah satunya dengan menggunakan lemon.

Lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan antioksidan. Buah ini mengandung zat alami yang memiliki fungsi sebagai antibakteri. Selain itu juga dapat bertindak sebagai exfoliant untuk membantu mengangkat sel kulit mati lebih cepat dan mencegah pori-pori tersumbat.

Namun, Anda perlu ingat bahwa lemon bukan pengganti perawatan medis untuk mengatasi jerawat. Lemon hanya bisa digunakan sebagai perawatan tambahan selain perawatan medis dari dokter.

Pada umumnya, beberapa obat yang sering digunakan untuk mengatasi jerawat adalah obat antiinflamasi atau antiradang, serta antibiotik dan tretinoin. Semua pengobatan ini harus dikonsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, karena memiliki efek samping bila dikonsumsi secara berlebihan.

Menerapkan kebiasaan membersihkan wajah secara rutin juga dapat membantu mengatasi jerawat. Anda bisa mencuci muka minimal dua kali sehari menggunakan sabun yang tidak banyak menghasilkan busa.

Pemilihan kosmetik juga perlu diperhatikan. Anda sebaiknya menghindari kosmetik berbahan dasar minyak. Selain itu, hindari pula hal-hal yang dapat memacu kelenjar minyak seperti alkohol, makanan pedas, rokok, dan lainnya. Pemencetan jerawat juga tidak boleh dilakukan.

Lantas bagaimana jika yang muncul adalah jerawat merah meradang di wajah? Bila kasus ini yang terjadi, Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Begitu pula bila ingin menggunakan lemon sebagai terapi tambahan, Anda perlu mendiskusikannya terlebih dahulu dengan dokter.

[BA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar