Sukses

Sunat di Usia Dewasa Amankah untuk Kesehatan?

Sunat umumnya dilakukan sejak kecil. Lalu, apakah sunat di usia dewasa aman untuk kesehatan?

Klikdokter.com, Jakarta Sunat merupakan tindakan membuang kulup (kulit preputium) yang menutupi kepala penis yang bermanfaat bagi kesehatan. Umumnya sunat dilakukan saat usia 3-7 tahun, namun tak jarang dilakukan saat usia dewasa.

Sunat pada anak memang sudah biasa dilakukan dan terbukti aman. Namun, ada kalanya pada beberapa keadaan tertentu, sunat baru dilakukan pada seorang pria dewasa.

Tidak dapat dimungkiri, semakin cepat disunat, maka waktu pelaksanaan dan penyembuhannya juga lebih cepat. Pada bayi baru lahir, sunat dapat dilakukan hanya dalam waktu 5-10 menit saja.

Namun pada seorang pria dewasa, prosedur sunat dapat memakan waktu maksimal hingga 1 jam. Proses penyembuhan luka setelah tindakan tersebut rata-rata memakan waktu lima hingga tujuh hari.

Jika Anda atau anggota keluarga harus melakukan prosedur sunat pada usia dewasa, tak perlu khawatir. Berbagai penelitian dan fakta di lapangan telah menunjukkan bahwa sunat pada usia dewasa tetap aman untuk dilakukan.

Selain aman, sunat juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh yakni menurunkan risiko infeksi saluran kemih dan penyakit menular seksual. Tak hanya itu, berdasarkan penelitian, rata-rata pria yang disunat memiliki ketahanan ejakulasi yang lebih lama ketimbang pria yang tidak disunat.

[DA/ RVS]

2 Komentar

  • arief suhartono

    dok, mau tanya dunk mengenai sunat dewasa, krn sy ada rencana sunat tapi ada ketakutan yg menghantui saya, yaitu : karena kulup sy sptnya panjang, apakah dg sunat kulup itu hilang ato msh ada spt jengger dan pertanyaan kedua apakah jika kulup yg dipotong terlalu pendek itu akan mempengaruhi penis sy wkt berdiri alias jd lbh pendek, terima kasih dok

  • Jadiaman Parhusip

    dimana tempat terbaik dan tercepat untuk melakukan sunat? kl d Jakarta dimana, atau di Kalimantan dimana ? saya tinggal di Palangkaraya, terimakasih