Kesehatan Umum

Sunat di Usia Dewasa Amankah untuk Kesehatan?

dr. Karin Wiradarma, 07 Agt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Sunat umumnya dilakukan sejak kecil. Lalu, apakah sunat di usia dewasa aman untuk kesehatan?

Sunat di Usia Dewasa Amankah untuk Kesehatan?

Sunat merupakan tindakan membuang kulup (kulit preputium) yang menutupi kepala penis yang bermanfaat bagi kesehatan. Umumnya sunat dilakukan saat usia 3-7 tahun, namun tak jarang dilakukan saat usia dewasa.

Sunat pada anak memang sudah biasa dilakukan dan terbukti aman. Namun, ada kalanya pada beberapa keadaan tertentu, sunat baru dilakukan pada seorang pria dewasa.

Tidak dapat dimungkiri, semakin cepat disunat, maka waktu pelaksanaan dan penyembuhannya juga lebih cepat. Pada bayi baru lahir, sunat dapat dilakukan hanya dalam waktu 5-10 menit saja.

Namun pada seorang pria dewasa, prosedur sunat dapat memakan waktu maksimal hingga 1 jam. Proses penyembuhan luka setelah tindakan tersebut rata-rata memakan waktu lima hingga tujuh hari.

Jika Anda atau anggota keluarga harus melakukan prosedur sunat pada usia dewasa, tak perlu khawatir. Berbagai penelitian dan fakta di lapangan telah menunjukkan bahwa sunat pada usia dewasa tetap aman untuk dilakukan.

Selain aman, sunat juga memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh yakni menurunkan risiko infeksi saluran kemih dan penyakit menular seksual. Tak hanya itu, berdasarkan penelitian, rata-rata pria yang disunat memiliki ketahanan ejakulasi yang lebih lama ketimbang pria yang tidak disunat.

[DA/ RVS]

SunatPriaPenisSunat di Usia Dewasa

Konsultasi Dokter Terkait