Sukses

Jangan Sepelekan Sarapan, Ini Manfaatnya!

Banyak yang menganggap sepele sarapan. Padahal, ada banyak manfaat sarapan yang dapat membantu menghadapi beratnya aktivitas Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Banyak yang menganggap sarapan sebagai ‘anak tiri’ jika dibandingkan makan siang atau makan malam. Padahal sarapan yang baik memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Apa saja manfaat sarapan untuk tubuh Anda?

Manfaat sarapan

Umumnya, kadar gula darah saat pagi hari masih rendah. Hal ini dikarenakan Anda berpuasa dari malam saat tertidur sampai saat Anda terbangun. Makanan yang tepat akan membantu Anda mempersiapkan tubuh untuk aktivitas sepanjang hari.

Selain itu berdasarkan sebuah penelitian mengemukakan, orang yang terbiasa makan pagi memiliki berat badan yang lebih rendah.

Manfaat sarapan juga dapat berdampak baik pada anak-anak. Anak yang tidak sarapan biasanya lebih sulit untuk berkonsentrasi dan menjadi lebih lelah saat berada di sekolah.

Selain itu, anak yang tidak sarapan juga cenderung lebih gemuk. Mereka pun lebih mudah mengalami peningkatan berat badan dibandingkan anak-anak yang membiasakan diri untuk makan pagi.

Jenis sarapan sehat

Jangan penuhi piring sarapan Anda dengan makanan tinggi karbohidrat seperti roti atau donut. Sarapan sehat seharusnya mengandung karbohidrat, protein, lemak sehat, dan serat.

Karbohidrat dapat menjadi sumber energi Anda, protein akan menjadi sumber energi untuk penggunaan nanti. Kemudian serat dapat membuat Anda tetap kenyang.

Untuk pilihan sarapan, cobalah makanan dengan kandungan sereal, susu rendah lemak, dan buah. Anda juga dapat makan salad buah sebagai sarapan dengan satu sampai dua lembar roti gandum sebagai sumber karbohidrat.

Melihat banyaknya manfaat sarapan, masihkah Anda akan mengabaikannya? Pastikan Anda tidak melewatkannya, karena ini adalah salah satu waktu makan terpenting.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar