Sukses

Sebelum Lari Pagi, Sebaiknya Makan Apa?

Banyak yang berpikir bahwa makanan lebih baik dihindari sebelum lari pagi. Benarkah demikian?

Klikdokter.com, Jakarta Apakah Anda suka olahraga lari? Jika iya, maka Anda harus memperhatikan nutrisi sarapan yang Anda makan. Pasalnya, nutrisi yang tepat berpengaruh terhadap kesiapan tubuh Anda dalam berlari.

Berikut ini aspek nutrisi yang perlu Anda perhatikan sebelum lari:

Sarapan sebelum lari pagi

Tahukah Anda bahwa sarapan yang tepat dapat membantu meningkatkan performa Anda dalam berlari. Namun, banyak orang yang tidak sarapan sebelum olahraga dengan alasan sulit bangun lebih awal untuk sarapan sebelum berlari.

Jika Anda suka lari pagi dengan intensitas sedang, maka Anda dapat sarapan dengan makanan seperti semangkuk buah dan sereal. Atau Anda juga bisa mencoba makanan berprotein seperti telur dadar dan segelas kecil susu rendah lemak.

Makanan yang berbeda diperlukan jika Anda berencana melakukan lari cepat atau lari dengan intensitas yang berat dan dalam waktu lama.

Untuk olahraga yang memerlukan daya tahan tinggi, tubuh Anda memerlukan karbohidrat sebagai energi utama. Anda bisa makan sereal dengan susu rendah lemak sebelum berolahraga. Atau bisa juga seporsi kecil nasi merah dengan lauk protein seperti ayam.

Setelah makan, berapa lama harus menunggu sebelum berolahraga?

Setelah makan, Anda harus menunggu selama 2–4 jam sebelum berolahraga. Hal ini untuk memberikan kesempatan agar makanan dapat dicerna dengan baik.

Jika Anda hanya makan kudapan dengan porsi yang kecil, maka Anda dapat menunggu sekitar 2 jam sebelum berolahraga. Namun, jika makan dalam porsi besar, maka Anda dapat menunggu 4 jam.

Ingat, makan sebelum lari pagi atau berolahraga itu penting. Jangan pernah menganggap sepele sarapan, karena sarapan yang tepat merupakan sumber energi yang baik untuk daya tahan Anda.

(DA/ RH)

 

0 Komentar

Belum ada komentar