Sukses

Baca Ini Sebelum Membeli Car Seat untuk Anak

Car seat merupakan sebuah kursi khusus yang dapat membantu anak duduk lebih nyaman di dalam mobil

Klikdokter.com, Jakarta Car seat merupakan sebuah kursi khusus yang dapat membantu anak duduk lebih nyaman di dalam mobil. Meski terkesan baik, ternyata ada beberapa faktor yang membuat penggunaan car seat justru membahayakan anak.

Seperti dikutip liputan6.com, berikut hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli car seat:

  1. Pengaman pada Car Seat

    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 95% orangtua meletakkan anaknya yang baru lahir di car seat saat pulang dari rumah sakit. Sayangnya hal tersebut tidak dibarengi dengan pengetahuan dan kemampuan menyetel pengaman car seat yang benar.

    "Kesalahan terbesar adalah membiarkan tali pengikat terlalu longgar. Kesalahan besar lainnya adalah membiarkan klip dada tidak terkunci rapat atau meletakkannya terlalu rendah," kata profesor pediatri di Oregon Health & Science University dan Certified Child Passenger Safety Technician (CPS), Ben Hoffman, MD.

    Menurut Hoffman, pengaman car seat harusnya berada di dekat pangkal ketiak bayi. Dengan begini, tali pengaman akan menyangga bayi dengan sempurna.

  2. Fungsi Utama Car Seat

    Tidak masalah bila Anda ingin menggunakan car seat warisan. Namun, pastikan car seat tersebut masih berfungsi 100%, masih memiliki bagian utuh, dan tidak rusak.

    “Asalkan (car seat) belum rusak dan masih memiliki semua bagian aslinya,” kata Hoffman.
    Menggunakan car seat bekas, berarti Anda harus mengetahui dengan pasti siapa pengguna sebelumnya dari kursi tersebut.

  3. Umur Car Seat

    Sebagian besar car seat hanya memiliki umur 6 tahun. Artinya Anda tak boleh menggunakan kembali car seat yang telah tersimpan di gudang selama lebih dari 6 tahun. Anda bisa melihat dan mengetahui umur car seat dari stiker yang berisi tanggal pembuatan.

    "Anda harus bisa menemukan tanggal pada stiker di kursi (car seat), dan pastikan bahan termasuk jok di kursi (car seat) masih layak, aman, dan nyaman digunakan," kata Hoffman.

Pastikan Anda memilih car seat yang tepat, agar perjalanan bersama anak lebih aman dan menyenangkan. Jangan lupa untuk memeriksa kembali tali pengaman pada car seat sebelum tancap gas, ya!

Jika Anda tertarik dengan artikel serupa, baca di sini

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar