Sukses

Lansia Rentan Alami Bau Mulut?

Seseorang yang lanjut usia dianggap lebih mudah mengalami bau mulut. Benarkah?

Klikdokter.com, Jakarta Bau mulut pasti pernah dialami oleh semua orang. Istilah medisnya disebut halitosis. Kondisi ini bisa diperparah dengan jenis makanan yang Anda makan dan kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat.

Dikutip dari liputan6.com, Tripti Meysman, D.D.S., dari klinik gigi City Tooth di Minneapolis mengungkapkan bahwa bau mulut bisa disebabkan karena bertambahnya usia. Sebab, saat usia bertambah sekresi air liur akan berkurang secara alami.

Konsumsi obat tertentu pada usia lanjut juga dapat memberikan efek samping bau mulut.

Selain itu, ketika seorang lansia menderita penyakit gusi, ia juga dapat mengalami bau mulut. Pada keadaan tersebut, timbul senyawa sulfur yang diakibatkan interaksi bakteri di mulut. Senyawa sulfur yang mudah menguap dianggap sebagai akar permasalahan bau mulut.

Sementara itu, menurut laporan Journal of Clinical Periodontology, lidah menjadi penyebab utama bau mulut.

Luasnya permukaan lidah memungkinkannya menyimpan lebih banyak mikroorganisme yang menimbulkan senyawa sulfur. Hal ini menjelaskan kenapa napas “bau naga” pada pagi hari, karena senyawa tersebut terbentuk pada malam hari.

Agar terhindar dari bau mulut, sebaiknya Anda rutin melakukan beberapa hal ini:

  1. Bersihkan lidah

    Membersihkan lidah membantu Anda menghilangkan bakteri yang menciptakan senyawa sulfur. Anda bisa melakukan ini dengan menyikat lidah atau mengikis lidah dari belakang ke depan dengan alat pembersih lidah.

    Menurut penelitian, orang-orang yang menggunakan pembersih lidah dapat mengurangi senyawa sulfur sebesar 42 persen.

  2. Sikat gigi dua kali sehari

    Sikat gigi dapat menghilangkan sisa makanan yang tertinggal di gigi dan mikroorganisme yang dapat menyebabkan senyawa sulfur.

    Kondisi mulut dan gigi yang kuran bersih dan berbau busuk menjadi tempat yang baik untuk berkembangbiaknya bakteri yang tidak sehat. Oleh karena itu, sikatlah gigi Anda dua kali sehari dengan cara yang benar.

  3. Jaga mulut terhidrasi dengan baik

    Bila Anda mengalami mulut kering, sel-sel di lidah, gusi, dan pipi akan mati. Tanpa air liur yang cukup, bakteri akan memberi makan sel-sel mati untuk berkembang biak.

Hal ini tentunya akan menghasilkan sekelompok molekul yang memicu bau mulut. Minum air secara cukup adalah salah satu solusi terbaik untuk ini.

Tak hanya orang yang lanjut usia yang berisiko menderita bau mulut. Orang dewasa muda yang tidak menerapkan kebiasaan di atas juga rentan mengalami bau mulut. Untuk itu, mari biasakan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut sejak dini!

Intip artikel serupa di sini

[RS/ RVS]

2 Komentar

  • Jmott

    Minta tolong cara mengatasi a

  • Jmott

    Napas saya bau, lidah saya pahit dan lidah saya bertahi dari 2013 lalu sampai 2018 Nah pertanyaan a, bagaimana cara mengobati saya mengobati a???????