Sukses

Terlalu Banyak Konsumsi Omega-3 Picu Risiko Penyakit

Omega-3 memang baik untuk kesehatan. Namun apa yang terjadi jika terlalu banyak mengonsumsinya?

Klikdokter.com, Jakarta Selain menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, ternyata omega-3 memiliki efek samping yang buruk jika dikonsumsi tidak sesuai dosis yang dianjurkan. Food and Drug Administration (FDA) AS merekomendasikan, asupan harian untuk omega-3 tidak melebihi dari 3 gram.

Berikut dampak yang ditimbulkan akibat mengonsumsi omega-3 melebihi dosis yang dianjurkan:

  1. Kanker prostat

    Sebuah studi yang diterbitkan di Journal of the National Cancer Institute pada tahun 2013, menemukan bahwa omega-3 berkorelasi dengan peningkatan risiko kanker prostat sebesar 43 persen dan peningkatan risiko kanker prostat agresif sebesar 71 persen.

  2. Menyerang kekebalan tubuh

    Menurut penelitian dari Universitas Oregon, asam lemak omega-3 yang tinggi dapat mengubah fungsi kekebalan tubuh, dan hal ini berdampak pada hilangnya respon terhadap infeksi.

  3. Memicu pendarahan

    Omega-3 dapat meningkatkan risiko pendarahan, terutama jika dikonsumsi lebih dari 3 gram per hari. Sementara itu, menurut University of Maryland Medical Center, omega-3 dosis tinggi meningkatkan risiko mimisan dan kencing berdarah. Agar
    pendarahan tidak terjadi, penyesuaian dosis harus dilakukan.

  4. Memengaruhi kadar gula darah

    Bagi Anda penderita diabetes, penggunaan omega-3 harus lebih diperhatikan karena dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi omega-3.

  5. Gangguan pencernaan

    Suplemen omega-3 berisiko mengandung merkuri atau vitamin A dalam kadar yang justru meracuni tubuh. Sementara itu, menurut American Heart Association, efek samping akibat mengonsumsi omega-3 dapat menimbulkan gangguan pencernaan, diare, bersendawa, dan perut kembung.

Jadi mengonsumsi omega-3 sesuai dosis yang dianjurkan supaya kesehatan tubuh tetap terjaga dan Anda dapat terhindar dari berbagai penyakit.

[DA/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar