Sukses

Hobi Membaca Buku? Ini Manfaatnya bagi Kesehatan Anda

Tidak hanya menambah pengetahuan, membaca buku juga mendatangkan sederet manfaat bagi kesehatan Anda!

Klikdokter.com, Jakarta Tidak hanya perut, otak pun perlu ‘makanan’ agar tetap sehat. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk memberi asupan untuk otak adalah dengan banyak membaca buku.

Penelitian membuktikan bahwa rutin membaca buku dapat menambah wawasan dan mempertajam ingatan. Di samping itu, kebiasaan ini juga mendatangkan manfaat kesehatan berikut ini:

  1. Menghilangkan stres

    Dikutip dari liputan6.com, rutin membaca buku ternyata dapat menurunkan tingkat stres dan membuat Anda merasa lebih rileks.
    Sebuah penelitian dari University of Sussex menemukan bahwa membaca buku terbukti 68% lebih efektif menghilangkan stres dibanding mendengarkan musik atau meminum secangkir teh.

  2. Meningkatkan kecerdasan emosional

    Sebuah studi menunjukkan, rutin membaca dapat meningkatkan kecerdasan emosi. Ini karena membaca membuat seseorang memahami berbagai hal melalui perspektif yang beragam, dan mengadopsinya menjadi motivasi diri.

    Ada beberapa bukti yang menunjukkan bahwa rangsangan mental merupakan suatu faktor yang bisa menunda timbulnya demensia. Sebab dengan membaca buku, Anda akan menciptakan simulasi mental tentang aktivitas, pemandangan dan suara-suara yang digambarkan dalam buku yang sedang dibaca.

  3. Lebih memahami orang lain

    Dengan membaca buku, Anda akan memiliki kesempatan untuk ‘menenggelamkan’ diri ke dalam pemikiran dan perasaan orang lain. Hal itu dapat membuat Anda lebih mengerti dan lebih memahami orang lain. Penelitian menyebutkan bahwa hal ini dapat memperluas empati dan meningkatkan kemampuan sosial seseorang.

    "Jika Anda membaca buku mengenai genetik, Anda akan belajar mengenai gen. Namun jika Anda membaca fiksi, Anda dapat mempelajari orang lain sekaligus diri sendiri," ucap Keith Oatley, PhD., seorang professor emeritus psikologi kognitif di University of Toronto, novelis dan penulis Such Stuff as Dreams: The Psychology of Fiction.

  4. Membuat lebih bahagia

    Bahagia adalah satu kunci untuk menjaga tubuh tetap sehat. Membaca buku dapat mendorong produksi hormon bahagia dari dalam diri, dan membuat Anda merasa puas.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal The Journal of Comsumer Psychology menunjukkan, membaca buku-buku yang berisi kisah pengalaman hidup dapat memberikan kebahagiaan penuh bagi seseorang.

Rasa bahagia yang terjadi setelah membaca buku disebut dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri, serta landasan yang dibutuhkan untuk mengejar tujuan.

Membaca buku juga bisa membantu Anda lebih mudah tidur di malam hari dan mengurangi perasaan kesepian.

Seluruh kebaikan dan manfaat dari membaca buku bisa Anda dapatkan dengan rutin melakukannya, setidaknya 30 menit dalam seminggu. Jadi, sudahkah Anda membaca buku hari ini? Jika Anda masih tertarik dengan tema sejenis, baca di sini

[NB/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar