Diet dan Nutrisi

Terdengar Sehat, 4 Makanan Ini Justru Mengandung Pemanis Buatan

Kartika Tarigan, 04 Agt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Makanan sehat di bawah ini tidak benar-benar bebas dari pemanis buatan.

Terdengar Sehat, 4 Makanan Ini Justru Mengandung Pemanis Buatan

Label “tanpa pemanis buatan” biasanya ditampilkan di kemasan makanan oleh sejumlah produsen, agar dagangannya laris. Kenyataannya, ada sejumlah makanan yang terdengar sehat, namun justru mengandung pemanis buatan. Apa saja makanan tersebut?

1. Roti gandum

Jenis roti yang memiliki segudang manfaat kesehatan ini ternyata tidak bebas dari pemanis buatan. Penyajian dan tampilan fisik yang sangat mirip akan membuat Anda kesulitan untuk membedakan jenis roti yang paling sehat. Seorang co-creator dari Food Heaven Made Easy, Jessica Jones, R.D, menyarankan Anda untuk lebih teliti saat hendak membeli roti gandum. “Baca keseluruhan label roti dengan saksama,” katanya.

2. Greek yoghurt

Greek yoghurt dianggap memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dari yoghurt biasa. Namun, greek yoghurt tidak benar-benar bebas dari pemanis buatan. “Ada tren baru di mana produsen menggabungkan gula biasa (tebu, fruktosa) dengan pemanis buatan, "kata seorang pakar bernama Maureen Callahan, RD seperti dikutip dari situs Women’s Health.

3. Sereal

Makanan yang biasa menjadi hidangan di pagi hari ini juga disebut-sebut mengandung pemanis buatan. Pemanis buatan biasanya dipakai sebagai ganti dari gula alami untuk menghasilkan rasa manis dari sereal.

4. Permen karet bebas pemanis buatan

Permen karet dengan label “bebas gula” semakin banyak ditemui di pasaran. Namun, jika tidak berhati-hati dalam membeli permen karet, Anda bisa jadi malah akan menambah timbunan pemanis buatan di dalam tubuh.

Jadi, itulah beberapa makanan yang terdengar sehat, namun ternyata malah mengandung pemanis buatan. Agar Anda tidak terjebak, perhatikan dengan saksama label nilai gizi pada kemasan sebelum membeli. Bila masih tertarik dengan informasi sejenis, Anda bisa klik di sini.

[BA/ RVS]

 

Pemanis BuatanMakanan Sehatmakanan

Konsultasi Dokter Terkait