Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeGaya hidupSehat dan Bugar5 Kebiasaan di Kantor yang Bisa Bikin Gemuk
Sehat dan Bugar

5 Kebiasaan di Kantor yang Bisa Bikin Gemuk

Gerardus Septian Kalis, 04 Agt 2017

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Tahukah Anda bahwa 5 kebiasaan yang sering dilakukan di kantor berikut ini bisa bikin gemuk?

5 Kebiasaan di Kantor yang Bisa Bikin Gemuk

Bagi pekerja kantoran, mendapatkan berat badan ideal adalah perkara yang susah. Selain akibat sulit mengatur waktu berolahraga, pekerjaan juga kerap menghalangi seseorang untuk menerapkan pola makan sehat.

Selain yang disebutkan di atas, ternyata ada sejumlah kebiasaan di kantor yang cenderung bikin orang makin gemuk dan kian sulit mendapatkan berat badan ideal. Apa saja kebiasaan-kebiasaan yang tersebut?

  1. Mengonsumsi makanan manis

    Mengudap makanan manis memang akan membuat suasana hati Anda menjadi lebih baik. Namun mengonsumsi makanan seperti ini secara berlebihan akan menghambat hormon leptin yang berguna sebagai sinyal bahwa Anda sudah kenyang. Parahnya, mengonsumsi makanan manis juga turut meningkatkan produksi lemak di dalam tubuh Anda.

  2. Melewatkan sarapan

    Melewatkan sarapan akan membuat Anda kehilangan banyak energi. Hal ini juga membuat Anda menyantap lebih banyak makanan di waktu siang hari.

    Orang yang melewatkan sarapan juga cenderung memiliki nafsu makan berlebih di malam hari. Oleh karena itu, bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan sebaiknya tidak melewatkan sarapan.

  3. Makan di meja kerja

    Saat makan di meja kerja, Anda tidak akan menyadari berapa banyak makanan yang masuk ke dalam perut. Apalagi jika Anda sedang fokus pada pekerjaan.

    Ketika sedang beraktivitas, seseorang tidak akan sepenuhnya berkonsentrasi pada makan. Ini menimbulkan kondisi ‘makan tanpa berpikir’, dan membuat mereka tidak menyadari makanan yang baru saja dikonsumsi.

  4. Kalah oleh stres

    Saat stres, tubuh menghasilkan hormon kortisol yang mengakibatkan sinyal lapar yang dikirimkan ke otak menjadi kacau. Inilah mengapa stres bisa memicu keinginan untuk ngemil dalam jumlah banyak.

  5. Sering ngemil

    Di waktu senggang, tidak sedikit pekerja kantoran yang mengisinya dengan ngemil makanan berlemak termasuk gorengan. Jika Anda tidak ingin gemuk, sebaiknya batasi konsumsi makanan yang seperti ini dari sekarang.

Demikian 5 kebiasaan di kantor yang bisa mengancam berat badan Anda. Jika Anda tidak ingin gemuk karenanya, pastikan Anda menghindari kelima kebiasaan tersebut. Jangan lupa untuk berolahraga secara rutin dan teratur juga, ya! Baca artikel serupa di sini

[NB/ RVS]

gemukBerat BadankantorKebiasaan Di Kantor

Konsultasi Dokter Terkait