Sukses

Lakukan Hal Ini di Rumah untuk Atasi Sakit Punggung

Membawa barang yang terlalu berat, salah posisi tidur hingga terlalu lama duduk bisa menjadi penyebab sakit punggung. Bagaimana mengatasinya

Klikdokter.com, Jakarta Sakit punggung merupakan pertanda ada yang salah dengan tulang belakang Anda. Tak jarang, serangan sakit punggung mengganggu dan membuat aktivitas sehari-hari menjadi terhambat.

Sebenarnya Anda dapat mengatasi sakit punggung di rumah dengan melakukan hal yang sederhana. Misalnya dengan cara di bawah ini:

  1. Kompres dengan es batu

    Saat nyeri punggung mulai terasa, Anda memerlukan bantuan dari es batu untuk meredakan rasa sakit. Es batu ini bisa Anda gunakan untuk mengompres bagian punggung yang terasa sakit.

    Sambil mengompres punggung, lakukan gerakan memijat di seputar punggung yang sakit. Hal ini memang sulit untuk Anda lakukan sendiri, karena itu mintalah bantuan dari keluarga atau orang terdekat untuk meletakkan es batu di tempat yang sedang terasa sakit. Lakukan pemijitan dengan es batu selama 12 menit.

    Rasa dingin yang disebabkan kompresan es batu tidak hanya membantu meredakan rasa sakit, tapi juga bisa mengurangi peradangan pada otot dan jaringan sekitarnya.

  2. Oleskan obat pereda nyeri

    Selain mengompres bagian yang terasa sakit, sakit punggung juga dapat diredakan dengan mengoleskan salep pereda nyeri. Pilihlah salep seperti ibuprofen atau acetaminophen. Salep jenis ini umumnya mudah ditemukan dan bisa Anda jadikan bagian dari isi kotak obat di rumah.

  3. Melakukan gerakan ringan

    Lakukan gerakan dan rangsangan lembut untuk menambah kekebalan punggung bagian bawah. Gerakan-gerakan ini dapat meringankan dan mencegah kram otot.

    Berbaringlah di lantai atau tempat tidur dengan kedua lengan lurus ke bawah di samping Anda. Kencangkan otot perut Anda, dan doronglah bagian punggung Anda dengan lembut ke arah lantai. Tahan posisi tersebut selama 12 detik dan istirahatkan punggung Anda sebelum memulai gerakan itu lagi.

  4. Menggerakkan tangan dan kaki

    Gerakan selanjutnya yang dapat Anda coba untuk meringankan sakit punggung adalah dengan mengangkat kaki ke arah atas. Selain kaki, angkat tangan Anda. Anda bisa mengangkat lengan kanan dan kaki kiri setinggi mungkin, dan tahan posisi tersebut beberapa saat.

Ulangi latihan dengan lengan dan kaki Anda sebanyak 10 kali untuk masing-masing bagian. Jika sakit punggung terasa semakin berat dan sering terjadi, Anda harus segera berkonsultasi pada dokter.

(DA/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar