Sukses

8 Kebiasaan Ini Bikin Anda Sakit Punggung

Sakit punggung dapat sangat mengganggu aktivitas tapi terkadang Anda tidak tahu apa penyebabnya.

Klikdokter.com, Jakarta Di tengah kesibukan dan padatnya aktivitas sering membuat Anda curi-curi kesempatan untuk mendapatkan posisi nyaman. Misalnya, setelah pegal seharian berjalan kaki, Anda merasa malas untuk berdiri tegak selama menyikat gigi.

Padahal, posisi berdiri yang salah dapat menyebabkan pergeseran tulang punggung. Anda bisa mengalami sakit punggung, bahkan juga penyakit tulang lainnya.

Menjaga bentuk tulang punggung adalah hal yang harus Anda lakukan untuk tetap memiliki penampilan yang sempurna. Penting untuk menjaga bentuk tulang punggung pada usia berapapun.

Dilansir dari Brightside, ternyata ada sejumlah kebiasaan lain yang juga dapat memicu sakit punggung. Berikut di antaranya:

  1. Menyikat Gigi

    Saat Anda berdiri, tekanan pada tulang belakang jauh lebih tinggi daripada saat berjalan lama. Jika pekerjaan Anda mengharuskan berdiri selama berjam-jam dalam satu hari, siasati dengan beberapa variasi. Namun, Anda tetap perlu menemukan cara berdiri yang baik untuk mengurangi pengaruh buruk pada tulang punggung.

    Saat menyikat gigi, Anda bisa melakukannya dengan menegakkan badan dan membiarkan tangan kiri, yang tidak memegang sikat gigi, bersandar pada dinding di depan Anda. Posisi ini lebih baik daripada Anda menunduk atau membungkuk saat menyikat gigi.

  2. Mencuci Piring

    Saat mencuci piring biasanya tubuh akan otomatis menyesuaikan tinggi dari wastafel, yang artinya akan membuat tubuh Anda sedikit tertekuk. Padahal, ada aktivitas dan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh kedua tangan Anda. Hal itu pun menyebabkan rasa sakit dan nyeri di antara tulang belikat.

    Untuk menyiasatinya, saat mencuci piring Anda bisa meletakkan sebuah kursi plastik atau kursi yang tidak terlalu tinggi di dekat Anda. Kemudian naikkan sebelah lutut Anda selama mencuci piring. Hal ini akan membantu menurunkan tekanan pada tulang punggung.

  3. Mengganti Ban Mobil

    Setelah tamasya bersama keluarga, ban mobil Anda bermasalah. Padahal, perjalanan yang harus ditempuh masih cukup jauh. Mau tak mau Anda harus mengganti ban mobil dengan ban cadangan. Tapi hati-hati, saat mengganti ban mungkin Anda mengambil posisi yang salah dan malah membuat punggung sakit.

    Saat mengganti ban mobil, jangan melakukannya dengan posisi setengah berdiri. Anda dapat duduk tepat di depan ban yang akan diganti. Upayakan mata Anda sejajar dengan fender mobil.

  4. Membawa Barang Belanjaan

    Membawa barang belanjaan bulanan dari swalayan dengan kedua tangan Anda juga berpotensi membuat sakit punggung. Apalagi jika belanjaan yang dibawa memiliki berat yang berlebih.

    Cara menghindari sakit punggung saat membawa belanjaan adalah dengan membagi belanjaan yang akan Anda bawa dengan seimbang. Sehingga tidak membuat sebelah tulang Anda bekerja ekstra.

    Bagi wanita, sebaiknya hanya membawa berat sekitar 2 kg untuk menghindari pergeseran tulang punggung, apalagi jika membawa belanjaan yang berat dengan jarak jauh, Anda akan cenderung membungkuk untuk menghilangkan pegal. Sementara laki-laki dapat membawa berat benda hingga 5 kg.

  5. Mengepel Lantai

    Meski tidak dilakukan setiap hari, mengepel lantai rumah yang kotor terkadang membuat Anda malah “menyiksa” tulang punggung. Untuk mendapat hasil yang maksimal orang kerap memberi beban pada kaki dan punggung, ditambah gerakan lengan yang aktif dan sesekali mengangkat ember yang penuh air.

    Hal itu justru sangat berbahaya. Untuk menyiasatinya, Anda dapat menggunakan kain pel yang memiliki tangkai panjang sehingga tak perlu terlalu menunduk.

  6. Mengikat Tali Sepatu

    Kegiatan yang Anda lakukan dalam postur tubuh yang bengkok dapat mengganggu cakram intervertebralis. Di bawah tekanan konstan, mineral-mineral penyusun tulang meninggalkan tulang belakang, dan menyebabkan tekanan yang menghasilkan rasa nyeri di sekitar tulang belakang.

    Agar tulang punggung tetap nyaman, sebaiknya Anda mengikat sepatu sambil duduk di atas kursi dan mengangkat kaki sejajar tangan Anda. Jangan mengikat sepatu dengan berjongkok di lantai atau membungkuk.

  7. Menggendong Ransel

    Ransel tidak hanya populer di kalangan siswa sekolah. Sejumlah orang dan pekerja pun kerap menggunakan tas yang biasanya memiliki ruang lebih banyak ini. Namun, jumlah muatan yang berlebihan dan cara membawa ransel yang salah, dapat membuat punggung sakit.

    Ransel memiliki dua tali karena suatu alasan. Gunakan kedua tali tersebut agar punggung mendapat beban yang merata. Untuk membawa barang yang cukup berat, pilih ransel dengan tali lebar dan lembut. Ransel dengan tali yang lebar lebih baik dan menurunkan tekanan pada leher dan tulang belakang Anda.

  8. Mengambil Barang dari Tempat Tinggi

    Saat Anda meraih sesuatu dari tempat yang tinggi, tulang belakang Anda akan membentang. Bayangkan apa yang terjadi pada cakram tulang belakang saat sebuah koper berat ambruk menimpa Anda. Jika Anda mengulangi tindakan itu secara teratur, maka tulang belakang Anda mungkin akan bergeser.

Bagaimana cara menghindarinya? Jika Anda perlu mengambil sesuatu yang berat dari tempat tinggi, gunakan kursi untuk mengurangi tekanan seminimal mungkin. Idealnya, berat badan harus di tingkat dada Anda.

Jangan ulangi kebiasaan-kebiasaan tersebut agar sakit punggung tak menyerang Anda. Jika punggung terasa sangat sakit hingga tak dapat bergerak, segeralah ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

[RS/ RH]

0 Komentar

Belum ada komentar